•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course English

Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana UNESA

 
Card image

Course Description

Mata kuliah Bahasa Inggris berfokus utama pada pengembangan keterampilan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara, dengan penekanan khusus pada penggunaan Bahasa Inggris dalam lingkungan akademik. Mahasiswa akan dilatih untuk memahami dan menganalisis teks akademik, merangkum teks sesuai bidang studi masing-masing, serta mempresentasikannya. Selain itu, mata kuliah ini juga mempersiapkan mahasiswa menghadapi tes kecakapan Bahasa Inggris. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu menerapkan keterampilan Bahasa Inggris mereka secara mandiri dalam berbagai situasi akademik dan profesional, serta menyelesaikan tes kemampuan Bahasa Inggris dengan memenuhi etika akademik.

Program Objectives (PO)

  • Mampu mengidentifikasi dan menganalisis struktur teks akademik bertema isu sosial di lingkungan pendidikan (Bullying), serta menyimpulkan informasi utama untuk dikomunikasikan secara kreatif melalui media kampanye ( poster) dengan memperhatikan nilai etika dan kemanusiaan.
  • Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis isi teks akademik bertema kebangsaan, multikulturalisme, dan integrasi sosial, serta mengaitkannya dengan nilai-nilai bela negara seperti cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, dan setia kepada Pancasila.
  • Mahasiswa mampu memahami struktur teks akademik dan kosakata kunci yang relevan dengan bidang studi masing-masing, serta menyusun pemaparan yang logis, kritis, dan sistematis dari artikel yang dipilih.
  • Mahasiswa mampu menerapkan keterampilan bahasa Inggris dalam tes kecakapan seperti Listening Comprehension, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension, dengan memahami format tes dan strategi penyelesaian soal.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Membaca teks akademik sederhana bertema isu sosial di pendidikan, seperti bullying, untuk mengenali bagian-bagian utama artikel (pembukaan, kajian pustaka, metode, hasil, diskusi) dan menemukan ide utama serta bukti pendukungnya.
    • Date  25 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Menganalisis isi teks akademik bertema kebangsaan dan mengaitkan isinya dengan nilai-nilai bela negara seperti cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, serta setia kepada Pancasila.
    • Date  1 September 2025

  • Pertemuan 3
    Struktur teks dan kosakata kunci dari artikel akademik yang sesuai dengan bidang studinya, serta menyusun ringkasan dan pemaparan ide secara logis dan sistematis.
    • Date  8 September 2025

  • Pertemuan 4
    Dan mengelompokkan bagian-bagian utama dalam artikel akademik bidang studi masing-masing, serta menjelaskan isi pokok dan kosakata kunci dari setiap bagian.
    • Date  22 September 2025

  • Pertemuan 5
    Menyusun dan mempresentasikan isi artikel akademik secara logis dan sistematis melalui media visual seperti slide PowerPoint.
    • Date  29 September 2025

  • Pertemuan 6
    Dan menganalisis informasi tersurat dan tersirat dari berbagai jenis teks lisan berbahasa Inggris, termasuk percakapan pendek, percakapan panjang, dan monolog dengan tema akademik dan isu sosial di pendidikan seperti bullying, serta mampu mengidentifikasi ide utama, detail penting, tujuan penutur, dan menarik inferensi berdasarkan informasi yang didengar.
    • Date  6 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Dan menganalisis informasi tersurat dan tersirat dari berbagai jenis teks lisan berbahasa Inggris, termasuk percakapan pendek, percakapan panjang, dan monolog dengan tema akademik dan isu sosial di pendidikan seperti bullying, serta mampu mengidentifikasi ide utama, detail penting, tujuan penutur, dan menarik inferensi berdasarkan informasi yang didengar.
    • Date  13 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Dan menganalisis informasi tersurat dan tersirat dari berbagai jenis teks lisan berbahasa Inggris, termasuk percakapan pendek, percakapan panjang, dan monolog dengan tema akademik dan isu sosial di pendidikan seperti bullying, serta mampu mengidentifikasi ide utama, detail penting, tujuan penutur, dan menarik inferensi berdasarkan informasi yang didengar.
    • Date  20 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Mengidentifikasi, menganalisis, dan memperbaiki kesalahan tata bahasa serta struktur kalimat dalam soal Structure and Written Expression TOEFL, serta menerapkan pemahaman tata bahasa Inggris untuk melengkapi kalimat secara tepat.
    • Date  27 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Mengidentifikasi, menganalisis, dan memperbaiki kesalahan tata bahasa serta struktur kalimat dalam soal Structure and Written Expression TOEFL, serta menerapkan pemahaman tata bahasa Inggris untuk melengkapi kalimat secara tepat.
    • Date  27 Oktober 2025

  • Pertemuan 11
    Mengidentifikasi, menganalisis, dan memperbaiki kesalahan tata bahasa serta struktur kalimat dalam soal Structure and Written Expression TOEFL, serta menerapkan pemahaman tata bahasa Inggris untuk melengkapi kalimat secara tepat.
    • Date  10 November 2025

  • Pertemuan 12
    Mengidentifikasi, menganalisis, dan memperbaiki kesalahan tata bahasa serta struktur kalimat dalam soal Structure and Written Expression TOEFL, serta menerapkan pemahaman tata bahasa Inggris untuk melengkapi kalimat secara tepat.
    • Date  17 November 2025

  • Pertemuan 13
    Menganalisis teks bacaan dalam format TOEFL Reading untuk mengidentifikasi ide utama, detail penting, hubungan antar paragraf, serta makna kata dalam konteks, dan menerapkan strategi membaca yang efektif untuk menjawab berbagai jenis pertanyaan secara tepat.
    • Date  24 November 2025

  • Pertemuan 14
    Menganalisis teks bacaan dalam format TOEFL Reading untuk mengidentifikasi ide utama, detail penting, hubungan antar paragraf, serta makna kata dalam konteks, dan menerapkan strategi membaca yang efektif untuk menjawab berbagai jenis pertanyaan secara tepat.
    • Date  1 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Menganalisis teks bacaan dalam format TOEFL Reading untuk mengidentifikasi ide utama, detail penting, hubungan antar paragraf, serta makna kata dalam konteks, dan menerapkan strategi membaca yang efektif untuk menjawab berbagai jenis pertanyaan secara tepat.
    • Date  8 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  15 Desember 2025

Lecturer

ZULIDYANA DWI RUSNALASARI
ZULIDYANA DWI RUSNALASARI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Tata Busana
  • Semester1
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10