Course Description
This course discusses the meaning, scope and contribution of educational psychology, student development, learning theories, personality aspects that influence learning, learning difficulties, counseling guidance in schools, and classroom management for effective learning. Lectures are carried out using direct learning, independent assignments, and group discussions.
Program Objectives (PO)
- Menguasai konsep dasar psikologi pendidikan, perkembangan peserta didik, teori belajar, dan aspek kepribadian yang memengaruhi proses belajar, serta aspek manajemen kelas non-formal yang memengaruhi proses belajar, dan manajemen kelas non-formal (C2).
- Mampu menganalisis konsep dan teori dalam bidang psikologi pendidikan yang relevan untuk menyelesaikan kasus-kasus kesulitan belajar dalam konteks pendidikan non-formal (A3).
- Bertanggung jawab atas kinerja belajar individu dan kelompok, dengan menunjukkan keterlibatan aktif dalam melaksanakan tugas dan peran yang diberikan baik secara individu maupun dalam kelompok selama proses belajar (A5).
- Siap dalam memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran yang didukung oleh Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mendukung implementasi pembelajaran (P2).