•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Physical Motor Development in Early Childhood

Program Studi S1 Psikologi UNESA

 
Card image

Course Description

Mata kuliah ini secara mendalam mengkaji teori perkembangan fisik motorik anak usia dini, termasuk faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan motorik, tahapan perkembangan motorik kasar dan halus, serta identifikasi dini terhadap berbagai permasalahan yang mungkin muncul dalam proses tersebut. Mahasiswa akan mempelajari strategi intervensi dan solusi praktis untuk mengatasi hambatan perkembangan fisik motorik, seperti gangguan koordinasi, keterlambatan perkembangan, atau kondisi khusus yang memerlukan pendekatan khusus. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas dampak perkembangan fisik motorik terhadap aspek kognitif, sosial-emosional, dan kesiapan belajar anak di tahap selanjutnya. Lebih lanjut, mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman menyeluruh tentang program pengembangan fisik motorik anak usia dini, yang mencakup motorik kasar (seperti berlari, melompat, melempar, dan menendang) serta motorik halus (seperti menggenggam, menggunting, menulis, dan meronce). Program ini tidak hanya berfokus pada aspek gerak, tetapi juga menitikberatkan pada kesehatan fisik, mental, dan perilaku keselamatan anak. Melalui berbagai stimulasi gerak yang terstruktur, mahasiswa akan belajar bagaimana membantu anak mengembangkan koordinasi, kelenturan, keseimbangan, kecepatan, kelincahan, dan kekuatan. Tujuannya adalah agar anak memiliki kendali motorik yang baik, yang pada akhirnya mempercepat kematangan saraf dan mendukung pertumbuhan serta pengembangan potensi mereka secara optimal. Pembelajaran dalam mata kuliah ini menggunakan pendekatan Project-Based Learning (PBL), di mana mahasiswa akan terlibat dalam proyek nyata untuk merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi program pengembangan fisik motorik anak. Metode ini dirancang untuk memperkuat pemahaman teoritis sekaligus memberikan pengalaman praktis dalam menangani isu-isu perkembangan motorik di lapangan. Selain PBL, metode pembelajaran lainnya meliputi ceramah interaktif untuk penguatan konsep, grup diskusi untuk menganalisis kasus dan berbagi solusi, serta demonstrasi langsung untuk mempraktikkan teknik-teknik stimulasi motorik yang efektif. Dengan demikian, mahasiswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam berbagai konteks pendidikan anak usia dini, baik di sekolah, rumah, maupun lingkungan masyarakat. Melalui kombinasi pendekatan teoritis dan praktis ini, mata kuliah ini bertujuan untuk menghasilkan pendidik dan praktisi PAUD yang kompeten dalam merancang program pengembangan fisik motorik yang holistik, sehingga anak-anak dapat mencapai kesiapan belajar yang optimal dan siap menghadapi tahap perkembangan berikutnya dengan lebih baik.

Program Objectives (PO)

  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan dan implementasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam bidang keilmuan pendidikan anak usia dini sesuai kurikulum yang berlaku dalam pengembangan fisik motorik
  • Menguasai kemampuan pedagogis dalam pembelajaran anak usia dini dalam pengembangan fisik motorik AUD

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Analisis konsep pengembangan fisik motorik AUD
    • Date  2 September 2025

  • Pertemuan 2
    Teori tentang perkembangan fisik motorik anak usia dini sesuai kurikulum PAUD 2013
    • Date  9 September 2025

  • Pertemuan 3
    Teori tentang perkembangan fisik motorik anak usia dini sesuai kurikulum PAUD 2013
    • Date  16 September 2025

  • Pertemuan 4
    Menganalisis KD dan STPPA bidang pengembangan fisik motorik sesuai kurikulum 2013 PAUD.
    • Date  23 September 2025

  • Pertemuan 5
    Menganalisis KD dan STPPA bidang pengembangan fisik motorik sesuai kurikulum 2013 PAUD.
    • Date  30 September 2025

  • Pertemuan 6
    Menganalisis KD dan STPPA bidang pengembangan fisik motorik sesuai kurikulum 2013 PAUD.
    • Date  7 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Dan interpretasikan ciri-ciri fase belajar motorik tingkat pertama
    • Date  14 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Dan interpretasikan ciri-ciri fase belajar motorik tingkat pertama
    • Date  21 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Dan interpretasikan berbagai aspek yang berkaitan dengan diagnosa dan koreksi kesalahan gerakan dalam proses pembelajaran gerak
    • Date  28 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Dan interpretasikan berbagai aspek yang berkaitan dengan terapi kesalahan gerakan dalam proses pembelajaran gerak
    • Date  4 November 2025

  • Pertemuan 11
    Dan mampu mengimplementasikan model pengembangan pembelajaran pada AUD ditinjau dari perbedaan perkembangan
    • Date  11 November 2025

  • Pertemuan 12
    Dan mampu mengimplementasikan model pengembangan pembelajaran pada AUD usia 0 – 2 tahun
    • Date  18 November 2025

  • Pertemuan 13
    Dan mampu mengimplementasikan model pengembangan pembelajaran pada AUD usia 2– 4 tahun
    • Date  25 November 2025

  • Pertemuan 14
    Dan mampu mengimplementasikan model pengembangan pembelajaran pada AUD usia 4– 6 tahun
    • Date  2 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Dan mampu mengaplikasikan model pengembangan pembelajaran Fisik Motorik pada AUD yang berhubungan dengan Keberbakatan
    • Date  9 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Ujian AkhirSemester
    • Date  16 Desember 2025

Lecturer

AFIFAH RAHMANINGRUM
AFIFAH RAHMANINGRUM
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

KARTIKA RINAKIT ADHE
KARTIKA RINAKIT ADHE
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Psikologi
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10