Course Description
Mata kuliah Perencanaan Pembelajaran membekali mahasiswa dengan konsep dan prinsip perencanaan pembelajaran matematika yang efektif dan kontekstual untuk jenjang pendidikan menengah. Mata kuliah ini mencakup analisis kurikulum, pengembangan silabus, RPP/ Modul Ajar, pemilihan strategi dan media pembelajaran, serta evaluasi hasil belajar dengan mempertimbangkan karakteristik siswa dan kondisi Wilayah. Tujuannya adalah agar mahasiswa mampu merancang perangkat pembelajaran matematika (seperti RPP, modul, dan LKPD) yang inovatif, kontekstual, dan berorientasi pada pengembangan
kemampuan berpikir tingkat tinggi. Ruang lingkup meliputi perencanaan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik, model-model pembelajaran matematika, serta integrasi teknologi dan penilaian autentik dalam pembelajaran yang mendalam.
Program Objectives (PO)
- Mampu menunjukkan sikap ilmiah, kritis dan inovatif dalam materi pembelajaran matematika meliputi hakikat perencanaan pembelajaran, model perencanaan pembelajaran, komponen perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, silabus, indikator, dan tujuan pembelajaran,materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, penilaian belajar) dan dalam tugas profesional
- Mampu menguasai dan menerapkan pengetahuan pedagogik dalam penyusunan perangkat perencanaan pembelajaran sesuai kurikulum dan perkembangan teknologi.
- Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik berbasis teknologi secara adaptif dan inovatif.
- Mampu mengambil keputusan berbasis data dalam memilih strategi, metode, media, dan evaluasi pembelajaran matematika yang tepat.