Course Description
Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman teori dasar kurikulum dan Kurikulum SMK Keahlian Tata Rias yang terdiri dari konsep kurikulum, perencanaan kurikulum, filosofi pengembangan kurikulum, prinsip pengembangan kurikulum, desain kurikulum, implementasi kurikulum, faktor keberhasilan implementasi kurikulum, hakekat Kurikulum 2013, standar isi Kurikulum 2013, kurikulum 2013 SMK, implementasi dan inovasi kurikulum 2013, kurikulum prototipe, implementasi pada kurikulum prototipe, penerapan kurikulum prototipe, perbedaan kurikulum 2013 dan prototipe,Kurikulum Merdeka dan struktur kurikulum SMK Keahlian Tata Rias, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, konsep silabus, dan analisis silabus SMK Keahlian Tata Rias, capaian pembelajaran SMK Keahlian Tata Rias. Metode yang digunakan adalah diskusi, penugasan membuat makalah, dan presentasi.
Program Objectives (PO)
- Menerapkan konsep dasar kurikulum dalam perancangan program pembelajaran tata rias yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan industri (C3)
- Menganalisis kebutuhan pasar dan tren terkini dalam industri tata rias untuk mengintegrasikan materi yang relevan ke dalam kurikulum (C4)
- Mengevaluasi efektivitas kurikulum tata rias yang ada dan memberikan usulan perbaikan berdasarkan standar kompetensi kerja (C5)
- Menciptakan metode pengajaran yang kreatif dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep kecantikan kulit dan rambut dalam kurikulum (C6)
- Menerapkan hasil penelitian terbaru dalam pengembangan kurikulum tata rias yang responsif terhadap perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan (C3)
- Menganalisis dan mengintegrasikan konsep kosmetologi dan tata rias pengantin ke dalam kurikulum untuk memperkaya materi pembelajaran (C4)
- Mengevaluasi dan menyusun ulang struktur kurikulum berdasarkan feedback dari stakeholders untuk memastikan relevansi dan efektivitasnya (C5)
- Menciptakan alat evaluasi yang inovatif untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa dalam mata kuliah tata rias (C6)
- Menerapkan teknik analisis data untuk menilai dan meningkatkan kualitas kurikulum berdasarkan hasil penelitian (C3)
- Menerapkan konsep dasar kurikulum dalam perancangan program pembelajaran tata rias yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan lokal (C3)
- Menganalisis berbagai model kurikulum dan menentukan model yang paling efektif untuk pendidikan tata rias berdasarkan konteks budaya dan kearifan lokal (C4)
- Mengevaluasi efektivitas implementasi kurikulum tata rias dalam mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran (C5)
- Menciptakan materi ajar yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan industri tata rias saat ini, yang mendukung pengembangan kreativitas siswa (C6)
- Menerapkan prinsip-prinsip etika profesional dalam merancang dan mengimplementasikan kurikulum tata rias (C3)
- Menganalisis dampak sosial dan etis dari kurikulum tata rias terhadap masyarakat dan lingkungan (C4)
- Mengevaluasi dan mengadaptasi strategi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi di antara siswa tata rias (C5)
- Menciptakan pendekatan interdisipliner dalam pengajaran tata rias yang mengintegrasikan nilai-nilai agama, kebangsaan, dan budaya nasional (C6)
- Menerapkan teknologi terkini dalam pengembangan kurikulum dan materi pembelajaran tata rias untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran (C3)
- Menganalisis dan menyesuaikan kurikulum tata rias berdasarkan feedback dari stakeholders termasuk siswa, orang tua, dan industri (C4)