Course Description
Mata kuliah ini mengkaji dan menerapkan konsep, prinsip, dan keterampilan dalam merancang pesan pembelajaran yang efektif dengan memperhatikan aspek komunikasi, persepsi, kognisi, dan media. Mahasiswa mempelajari landasan teoretis desain pesan dan komunikasi pembelajaran, proses penyusunan pesan visual, audio, dan audio visual serta teknik pengemasan pesan sesuai karakteristik pesan, sasaran dan tujuan pembelajaran. Penekanan diberikan pada penerapan prinsip desain pesan berbasis teori komunikasi, psikologi belajar, dan desain instruksional, untuk menghasilkan produk pesan pembelajaran yang informatif, menarik, dan memotivasi perubahan perilaku.
Melalui pendekatan Model Meta Virtual Project-based Networked Learning (2024) untuk memperkaya pemahaman dan keterampilan mahasiswa.perkuliahan, dengan diskusi, studi kasus, dan proyek desain, mahasiswa mengembangkan kemampuan menganalisis kebutuhan, menentukan strategi komunikasi, memilih media yang tepat, serta memproduksi prototipe pesan pembelajaran. Capaian akhir mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu merancang pesan pembelajaran yang komunikatif, efektif, dan inovatif sesuai perkembangan teknologi pendidikan, baik untuk pembelajaran tatap muka, daring, maupun blended learning.
Program Objectives (PO)
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan bekerja sama dalam tim untuk merancang serta mengevaluasi desain pesan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menguasai konsep teoretis, strategis, dan etis desain pesan serta komunikasi pembelajaran dalam perencanaan, pengembangan, dan evaluasi pembelajaran berbasis teknologi pendidikan.
- Mahasiswa mampu merancang pesan pembelajaran berbasis multimedia, animasi, dan audiovisual dengan menerapkan prinsip desain instruksional, pedagogi, dan komunikasi pendidikan.
- Mahasiswa mampu menghasilkan desain pesan yang kreatif, inovatif, dan berorientasi edutechnopreneurship, baik untuk kebutuhan pembelajaran maupun pengembangan produk edukatif disruptif.
- Mahasiswa mampu mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI), kearifan lokal, dan prinsip edutechnopreneurship dalam desain pesan pembelajaran yang adaptif, inklusif, dan berdaya saing global.