Course Description
Mata kuliah ini memberikan Pemahaman mahasiswa tentang konsep perencanaan dan pengembangan instruksional, model-model pengembangan instruksional, peranan teori belajar dalam perencanaan, model, pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran, media pembelajaran, LKPD, evaluasi pembelajaran, analisis kurikulum serta implementasinya dalam pengembangan perangkat pembelajaran. Mata kuliah ini memuat Pendidikan Karakter, NAPZA, dan anti korupsi, dan mendukung SDGs (4) Pendidikan Berkualitas dan (9) Industri, Inovasi dan Infrastruktur
Program Objectives (PO)
- Memiliki kemampuan untuk menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, sebagai guru kelas khususnya pada muatan lima bidang utama di sekolah dasar dengan menyesuaikan perkembangan peserta didik SD
- Memiliki kemampuan untuk menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar secara bertanggungjawab.
- Memiliki kemampuan untuk menganalisis, merekontruksi, dan memodifikasi kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media, dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar secara mandiri.
- Memiliki kemampuan untuk merancang dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar secara berkelanjutan.