Course Description
Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi teknologi pembelajaran yang kontekstual dan inovatif dalam bidang seni budaya. Fokus utama mata kuliah ini adalah pada integrasi teknologi digital dan non-digital dalam proses pembelajaran seni (musik, tari, drama, rupa, dan budaya lokal), dengan mempertimbangkan aspek pedagogis, estetika, serta nilai-nilai kultural. Mahasiswa akan mempelajari teori dan prinsip desain pembelajaran, model-model desain instruksional, hingga implementasi teknologi pendidikan seperti media interaktif, multimedia, e-learning, serta aplikasi berbasis AI dan AR/VR dalam pembelajaran seni. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas pendekatan transdisipliner dalam desain pembelajaran seni, serta strategi untuk mengembangkan pembelajaran yang adaptif terhadap kebutuhan peserta didik dan perkembangan zaman. Melalui pendekatan kolaboratif dan berbasis proyek, mahasiswa akan menghasilkan rancangan teknologi pembelajaran seni yang aplikatif, kreatif, dan berakar pada konteks lokal namun mampu menjawab tantangan global pendidikan seni.
Program Objectives (PO)
- Menganalisis teori, prinsip, dan konsep dasar desain teknologi pembelajaran dalam konteks pendidikan seni budaya.
- Mengevaluasi berbagai pendekatan dan model desain instruksional yang relevan dengan pembelajaran seni berbasis budaya lokal dan teknologi.
- Merancang media dan teknologi pembelajaran inovatif yang sesuai dengan karakteristik materi seni dan kebutuhan peserta didik.
- Mengintegrasikan teknologi digital (e-learning, multimedia, AR/VR, dll.) ke dalam desain pembelajaran seni secara efektif dan estetis.
- Mengimplementasikan desain teknologi pembelajaran seni melalui proyek kolaboratif berbasis konteks lokal dan global.
- Mengkaji dampak penggunaan teknologi pembelajaran terhadap kualitas, efisiensi, dan daya tarik pembelajaran seni secara kritis dan reflektif.