•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Indonesian

Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia UNESA

 
Card image

Course Description

Able to master more complex understanding related to discussion of the nature of ABK, types and characteristics of ABK (blind, deaf, speech-impaired, mentally retarded, disabled, double-impaired, slow learner, patau syndrome, Edward syndrome, autism and dyslexia), ABK language abilities and disorders, BI syllabus for ABK, BI learning methods for ABK, BI learning media for ABK, BI assessment for ABK, preparation of BI lesson plans for ABK, BI research for ABK, and literacy for ABK through face-to-face activities, training, structured assignments, independent learning, and simulations to produce articles/papers to be presented in class discussions and exhibitions/programme work exhibitions.

Program Objectives (PO)

  • Mendeskripsikan hakikat ABK dan BI untuk ABK dan lingkup kajiannya
  • Mendeskripsikan Jenis ABK dan Karakteristiknya: Tuna netra
  • CPMK Ke 3 Mampu menguasai dan menerapkan konsep dasar bahasa, sastra, keterampilan berbahasa, serta pendekatan pembelajaran Bahasa Indonesia yang tepat untuk berbagai jenis anak berkebutuhan khusus, termasuk penyusunan kurikulum, silabus, dan RPP
  • CPMK ke 4 Mampu mengembangkan dan mempraktikkan keterampilan berbahasa Indonesia secara lisan dan tulisan dalam berbagai konteks sosial, akademik, dan dunia kerja, dengan menyesuaikan strategi komunikasi dan penggunaan media (termasuk bahasa isyarat atau bahasa daerah) sesuai kebutuhan dan karakteristik anak berkebutuhan khusus

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Hakikat Anak Berkebutuhan Khusus dan jenis-jenis ABK fisik ataupun mental
    • Date  4 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Gangguan berbahasa pada Anak Berkebutuhan Khusus
    • Date  11 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    · Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi ABK Slow Learner · Menguasai konsep dan karakteristik ABK Slow Learner · Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi strategi pemelajaran bagi ABK T Slow Learner
    • Date  18 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    · Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi ABK Down syndrome, patau syndrome, dan Edward syndrome · Menguasai konsep dan karakteristik ABK Down syndrome, patau syndrome, dan Edward syndrome · Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi strategi pemelajaran bagi ABK Down syndrome, patau syndrome, dan Edward syndrome
    • Date  25 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    · Menguasai konsep ABK ADHD, Autis dan disleksia
    • Date  4 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi konsep kurikulum Bahasa indonesa bagi Anak berkebutuhan khusus
    • Date  11 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi konsep kurikulum Bahasa indonesa bagi Anak berkebutuhan khusus
    • Date  18 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  25 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Metode pembelajaran bahasa bagi anak ABK sesuai dengan jenisnya
    • Date  1 April 2025

  • Pertemuan 10
    Metode pembelajaran bahasa bagi anak ABK sesuai dengan jenisnya
    • Date  8 April 2025

  • Pertemuan 11
    Media pembelajaran bahasa bagi anak ABK sesuai dengan jenisnya
    • Date  15 April 2025

  • Pertemuan 12
    Penelitian terkait kemampuan berbahasa bagi ABK
    • Date  22 April 2025

  • Pertemuan 13
    Penelitian terkait kemampuan berbahasa bagi ABK
    • Date  29 April 2025

  • Pertemuan 14
    Metode penelitian keterampilan berbahasa bagi ABK
    • Date  6 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Metode penelitian keterampilan berbahasa bagi ABK
    • Date  13 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  20 Mei 2025

Lecturer

ABDUL AZIZ KHOIRI
ABDUL AZIZ KHOIRI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
  • Semester4
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10