•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Development of Teaching Materials

Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa UNESA

 
Card image

Course Description

This course contains an examination of various models of textbook development as well as provision of the ability to compile teaching materials for Javanese language and literature to improve skills in learning Javanese at school by utilizing science and technology based on a responsible attitude. This course is presented with a system of assignments, practice, discussion and presentation, and reflection.

Program Objectives (PO)

  • Memanfaatkan IPTEKS untuk mendapatkan, mengumpulkan, dan mengolah berbagai model perencanaan pembelajaran dan pengembang-annya serta pembekalan kemampuan menyusun Bahan Ajar dalam rangka penyelesaian masalah perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Jawa di sekolah.
  • Menguasai konsep teoretis tentang pendekatan, model, dan metode pengembangan perencanaan pembelajaran, serta mampu memformu-lasikan dalam penyelesaian berbagai masalah bahan ajar bahasa dan sastra Jawa secara prosedural.
  • Mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi dalam penyelesaian dan pemecahan masalah bahan ajar bahasa dan sastra Jawa.
  • Memiliki komitmen dan sikap tanggung jawab pada kinerja pembelajaran sendiri dan kelompok dalam pemecahan berbagai permasalahan praktik menyusun bahan ajar bahasa dan sastra Jawa di sekolah.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Kembali orientasi, ruang lingkup, tujuan dan posisi pengembangan bahan ajar
    • Date  1 September 2025

  • Pertemuan 2
    Peran bahan ajar dan ragam jenis bahan ajar cetak dan non cetak yang relevan dalam pembelajaran Bahasa Jawa
    • Date  1 September 2025

  • Pertemuan 3
    Menganalisis faktor-faktor dan prosedur pengembangan bahan ajar
    • Date  8 September 2025

  • Pertemuan 4
    Menganalisis persamaan dan perbedaan bahan ajar berbasis cetak beserta pemanfaatannya
    • Date  15 September 2025

  • Pertemuan 5
    Menganalisis persamaan dan perbedaan bahan ajar berbasis noncetak beserta pemanfaatannya
    • Date  22 September 2025

  • Pertemuan 6
    Ruang lingkup dan pemanfaatan literature review dalam pengembangan bahan ajar
    • Date  29 September 2025

  • Pertemuan 7
    Model serta prosedur evaluasi formatif bahan ajar cetak dan non cetak
    • Date  6 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  20 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Tahapan/langkah-langkah pengembangan bahan ajar secara sistematik (drafting)
    • Date  27 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Tahapan/langkah-langkah pengembangan bahan ajar secara sistematik (drafting)
    • Date  3 November 2025

  • Pertemuan 11
    Tahapan/langkah-langkah pengembangan bahan ajar secara sistematik (editing)
    • Date  10 November 2025

  • Pertemuan 12
    Tahapan/langkah-langkah pengembangan bahan ajar secara sistematik (editing)
    • Date  17 November 2025

  • Pertemuan 13
    Tahapan/langkah-langkah pengembangan bahan ajar secara sistematik (revising)
    • Date  24 November 2025

  • Pertemuan 14
    Tahapan/langkah-langkah pengembangan bahan ajar secara sistematik (revising)
    • Date  1 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Tahapan/langkah-langkah pengembangan bahan ajar secara sistematik (publishing)
    • Date  8 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  15 Desember 2025

Lecturer

SUKARMAN
SUKARMAN
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

OCTO DENDY ANDRIYANTO
OCTO DENDY ANDRIYANTO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10