Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia UNESA
Course Description
Course Description Able to master various language and literature research methods and be able to apply them for writing proposals and researching literary works through structured and independent activities to produce a literary research proposal.
Program Objectives (PO)
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan prinsip-prinsip dasar penelitian dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra
Mahasiswa mampu merancang proposal penelitian dengan struktur yang logis, sistematis, dan berbasis teori yang relevan.
Mahasiswa mampu memilih dan menerapkan metode serta teknik pengumpulan dan analisis data yang tepat sesuai dengan pendekatan penelitian.
Mahasiswa mampu mengevaluasi secara kritis berbagai hasil penelitian di bidang bahasa dan sastra berdasarkan kaidah akademik dan etika ilmiah.
Mahasiswa mampu menyusun karya ilmiah berbentuk laporan atau artikel yang memenuhi standar akademik, etis, dan siap dipublikasikan.
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Definisi, tujuan, dan ciri penelitian
Date 7 Februari 2024
Pertemuan 2
Perbedaan paradigma dan pendekatan penelitian
Date 8 Februari 2024
Pertemuan 3
Menyusun rumusan masalah yang fokus dan operasional
Date 7 Februari 2024
Pertemuan 4
Merumuskan tujuan dan manfaat berdasarkan masalah
Date 8 Februari 2024
Pertemuan 5
Menyusun kajian pustaka yang sistematis dan relevan
Date 7 Februari 2024
Pertemuan 6
Metode dan desain penelitian yang tepat
Date 8 Februari 2024
Pertemuan 7
Merancang instrumen dan teknik pengumpulan data
Date 7 Februari 2024
Pertemuan 8
Evaluasi pemahaman menyeluruh dari pertemuan 1–7
Date 8 Februari 2024
Pertemuan 9
Mengolah dan menganalisis data sesuai jenis pendekatan
Providing Japanese language skills, studying sentence patterns and basic intermediate vocabulary and their application both orally and in writing. Learning is carried out using collaborative
Study of the basic principles of text criticism, approaches and methods and their application in the study and study of old Javanese manuscripts critically and
This course contains an examination of the basics of educational theory, educational foundations, educational flow, educational theory, student development, institutions, the teaching profession, as well