Matakuliah Statistik Pendidikan pada jenjang S2 program studi Pendidikan Biologi membahas tentang konsep dasar statistik yang diterapkan dalam konteks pendidikan. Tujuan dari matakuliah ini adalah memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai penggunaan statistik dalam analisis data pendidikan, sehingga mahasiswa dapat menginterpretasikan dan menyajikan data secara efektif. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pengenalan konsep dasar statistik, teknik analisis data, interpretasi hasil analisis, serta penerapan statistik dalam penelitian pendidikan biologi.
Program Objectives (PO)
Mampu menerapkan konsep statistik dalam analisis data penelitian di bidang Pendidikan Biologi (C3)
Mampu menganalisis dan menginterpretasikan data menggunakan teknik statistik yang sesuai untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Biologi (C4)
Mampu mengevaluasi hasil analisis statistik untuk memastikan keakuratan dan relevansi terhadap masalah penelitian di bidang Pendidikan Biologi (C5)
Mampu menerapkan berbagai metode statistik untuk menguji hipotesis dalam penelitian terkait Biologi dan Pendidikan Biologi (C3)
Mampu menganalisis tren dan pola dalam data biologi pendidikan untuk mengidentifikasi masalah dan peluang penelitian (C4)
Mampu mengevaluasi efektivitas metode statistik dalam konteks penelitian pendidikan Biologi dan mengusulkan perbaikan (C5)
Mampu menerapkan teknik analisis data multivariat dalam penelitian pendidikan untuk mendukung pengambilan keputusan yang berbasis data (C3)
Mampu menganalisis validitas dan reliabilitas instrumen penelitian menggunakan teknik statistik yang tepat (C4)
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Konsep statistik dalam analisis data penelitian di bidang Pendidikan Biologi.
Date 4 Februari 2025
Pertemuan 2
Diharapkan mampu mengaplikasikan konsep statistik dalam analisis data penelitian di bidang Pendidikan Biologi dengan baik dan benar.
Date 11 Februari 2025
Pertemuan 3
Diharapkan mampu mengaplikasikan konsep statistik dalam analisis data penelitian di bidang Pendidikan Biologi dengan baik dan benar.
Date 18 Februari 2025
Pertemuan 4
Diharapkan mampu menguasai teknik statistik yang relevan untuk menganalisis data pembelajaran Biologi dan mampu menginterpretasikan hasil analisis tersebut untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Date 25 Februari 2025
Pertemuan 5
Diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan statistik dalam konteks Pendidikan Biologi untuk mengevaluasi hasil analisis statistik dengan akurat dan relevan.
Date 4 Maret 2025
Pertemuan 6
Diharapkan mampu mengembangkan keterampilan analisis statistik untuk memprediksi hasil dalam konteks pendidikan Biologi.
Date 11 Maret 2025
Pertemuan 7
Diharapkan mampu menguasai dan menerapkan berbagai metode statistik untuk menguji hipotesis dalam penelitian terkait Biologi dan Pendidikan Biologi.
Date 18 Maret 2025
Pertemuan 8
Ujian Formatif [UTS]
Date 25 Maret 2025
Pertemuan 9
Menganalisis tren dan pola dalam data biologi pendidikan untuk mengidentifikasi masalah dan peluang penelitian.
Date 1 April 2025
Pertemuan 10
Menganalisis tren dan pola dalam data biologi pendidikan untuk mengidentifikasi masalah dan peluang penelitian.
Date 8 April 2025
Pertemuan 11
Diharapkan mampu mengidentifikasi kelemahan metode statistik yang digunakan dalam penelitian pendidikan Biologi, mengevaluasi efektivitasnya, serta memberikan rekomendasi perbaikan yang tepat.
Date 15 April 2025
Pertemuan 12
Diharapkan mampu mengembangkan alat ukur yang valid dan reliabel untuk penelitian di bidang Pendidikan Biologi dengan memahami prinsip-prinsip statistik yang relevan.
Date 22 April 2025
Pertemuan 13
Diharapkan mampu menguasai teknik analisis data multivariat dan dapat mengaplikasikannya dalam konteks penelitian pendidikan untuk mendukung pengambilan keputusan yang berbasis data.
Date 29 April 2025
Pertemuan 14
Diharapkan mampu mengaplikasikan teknik analisis data multivariat dalam konteks penelitian pendidikan untuk mendukung pengambilan keputusan yang berbasis data.
Date 6 Mei 2025
Pertemuan 15
Diharapkan mampu memahami konsep validitas dan reliabilitas instrumen penelitian serta mampu mengaplikasikan teknik statistik yang tepat dalam analisisnya.
Study of basic concepts: Stoichiometry, Atomic Structure & Periodic System of Elements, Chemical Bonding, Solutions, Colloidal Systems, Energetics, Reaction Rates, Chemical Equilibrium, Redox & Electrochemistry,
This course examines: linear functions and transcendent functions and their graphs, function limits, ordinary and partial differentials, function integrals and line integrals, vector analysis, and
The Research Methodology course discusses the nature of research, objectives, characteristics of quantitative and qualitative research that are relevant to biological research and equips students