•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Research methodology

Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam UNESA

 
Card image

Course Description

This course examines research paradigms, research approaches, types of research, study of the latest research articles, hypotheses, variables, research designs, research instruments, research techniques, data analysis and interpretation of research results, as well as steps for preparing proposals and research report. This course is presented theoretically and the assignment is to prepare an educational research proposal as the final product of the course

Program Objectives (PO)

  • Mendeskripsikan hakikat penelitian, tujuan umum penelitian, jenis penelitian, validitas internal dan eksternal, serta karakteristik proses penelitian
  • Menganalisis dan menyusun landasan teori, kerangka berpikir, dan pengajuan hipotesis untuk keperluan penelitian
  • Mengidentifikasi serta merumuskan variabel serta definisi operasional variabel dalam penelitian
  • Mengidentifikasi serta merumuskan desain dan rancangan penelitian
  • Menyusun dan mengembangkan proposal penelitian beserta instrumen pengumpulan data

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Hakikat dan konsep penelitian dalam di bidang pendidikan sains
    • Date  4 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Keterampilan menganalisis situasi dan mengumpulkan masalah untuk diteliti secara kritis dan sistematis
    • Date  11 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Diharapkan mampu menentukan rumusan masalah penelitian berdasarkan kumpulan data di lapangan
    • Date  18 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Diharapkan mampu melakukan telaah dan kajian literatur untuk mendukung riset atas permasalahan dalam pembelajaran IPA dan penelitian pendidikan IPA
    • Date  25 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Diharapkan mampu mengevaluasi keefektifan desain penelitian dan metodologi dalam konteks pembelajaran IPA
    • Date  4 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Diharapkan mampu merumuskan variabel dan definisi operasional yang relevan dengan masalah pendidikan sains yang aktual.
    • Date  11 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Diharapkan mampu menganalisis karakteristik penelitian dengan metode kuantitatif.
    • Date  18 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Sub-CPMK Pertemuan ke-1 s.d. ke-7
    • Date  25 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Diharapkan mampu menerapkan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif secara tepat dalam konteks penelitian pendidikan sains.
    • Date  1 April 2025

  • Pertemuan 10
    Diharapkan mampu menganalisis literatur ilmiah dengan baik untuk mendukung pengembangan kerangka teori dalam penelitian.
    • Date  8 April 2025

  • Pertemuan 11
    • Date  15 April 2025

  • Pertemuan 12
    • Date  22 April 2025

  • Pertemuan 13
    • Date  29 April 2025

  • Pertemuan 14
    • Date  6 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    • Date  13 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    • Date  20 Mei 2025

Lecturer

DHITA AYU PERMATA SARI
DHITA AYU PERMATA SARI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

ELOK SUDIBYO
ELOK SUDIBYO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Semester5
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10