Course Independent Study in the Field of Study Supporting the Final Project
Program Studi S3 Pendidikan Sains UNESA
Course Description
Mata kuliah penunjang disertasi ini, isi dan nama mata kuliahnya ditentukan oleh promotor bersama-sama dengan Ketua Program Studi, disesuaikan dengan keperluan disertasi mahasiswa yang bersangkutan. Tujuan mata kuliah ini adalah member kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendalami bidang keahlian yang akan ditekuni sesuai dengan rencana penelitian untuk disertasi. Kajian mandiri ini diharapkan dapat mematangkan rancangan penelitian untuk disertasinya di bawah bimbingan ahli/pakar.
Program Objectives (PO)
Mengembangkan pengetahuan dan teknologi bidang keahlian yang akan ditekuni sesuai dengan rencana penelitian untuk disertasi melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji.
Memecahkan permasalahan bidang keahlian yang akan ditekuni sesuai dengan rencana penelitian untuk disertasi melalui pendekatan inter atau multi atau transdisipliner.
Mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan bidang keahlian yang akan ditekuni sesuai dengan rencana penelitian untuk disertasi yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapatkan pengakuan nasional maupun internasional.
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Memahami, memiliki arah, dan target yang jelas tentang rencana disertasi yang akan dikembangkan, termasuk strategi penyelesaian disertasi.
Date 26 Agustus 2025
Pertemuan 2
Sebuah bahan paparan tertelaah (oleh promotor & kopromotor) mengenai latar belakang dan rumusan masalah yang akan dipecahkan melalui penelitian disertasi.
Date 2 September 2025
Pertemuan 3
Sebuah bahan paparan tertelaah (oleh promotor & kopromotor) mengenai latar belakang dan rumusan masalah yang akan dipecahkan melalui penelitian disertasi.
Date 9 September 2025
Pertemuan 4
Sebuah bahan paparan tertelaah (oleh promotor & kopromotor) tentang definisi konseptual dan definisi operasional atas variabel-variabel penelitian disertasi.
Date 16 September 2025
Pertemuan 5
Sebuah bahan paparan tertelaah (oleh promotor & kopromotor) kerangka konseptual penelitian disertasi generasi awal, yang menggambarkan koneksitas antar variabel yang terkandung di dalam rumusan masalah yang akan dipecahkan.
Date 23 September 2025
Pertemuan 6
Rancangan awal (raw blue-print) bagi (!) pelaksanaan aksi dalam mengeja-wantahkan variabel treatment dan (2) pengembangan instrument untuk mengassess variabel respon.
Date 30 September 2025
Pertemuan 7
Rancangan awal (raw blue-print) bagi (!) pelaksanaan aksi dalam mengeja-wantahkan variabel treatment dan (2) pengembangan instrument untuk mengassess variabel respon.
Date 7 Oktober 2025
Pertemuan 8
Kemampuan Akhir dari TM-1 sampai dengan TM-7
Date 14 Oktober 2025
Pertemuan 9
Karya tertelaah berupa kisi (blue-print) pengembangan instrument pengukur variabel respon dan rubrik penilaiannya.
Date 28 Oktober 2025
Pertemuan 10
Lima contoh item tes pengukur variabel respon tertelaah oleh promotor dan kopromotor.
Date 4 November 2025
Pertemuan 11
Lembar telaah dan validasi untuk uji kelayaan instrumen pengukur variabel respon.
Date 11 November 2025
Pertemuan 12
Karya tertelaah (oleh promotor dan kopromotor) berupa kisi (blue-print) pelaksanaan aksi dalam pengeja-wantahan variabel treatmen, termasuk prosedur operasional standarnya (POS).
Date 18 November 2025
Pertemuan 13
Draft awal tentang perangkat pembelajaran (learning divice) dalam melaksanakan POS sebagaimana disebutkan di atas.
Date 25 November 2025
Pertemuan 14
Draft final tentang perangkat pembelajaran (learning divice) dalam melaksanakan POS sebagaimana disebutkan di atas.
Date 2 Desember 2025
Pertemuan 15
Lembar tetaah dan validasi untuk uji kelayaan perangkat pembelajaran (learning divice) atau pelatihan (training divece).
Study of basic concepts: Scientific Method, Properties of Matter, Stoichiometry, Periodic System of Elements, Chemical Bonds, Energetics, Forms of Substances, Solutions, Colloids, Carbon Chemistry, Green
This course discusses the basic concepts of learning planning which involves analysis of the main subject matter, development of semester programs (promes) and annual programs
This course deepens theoretical and practical understanding of the taxonomy of learning objectives, alternative assessment strategies for measuring learning outcomes and their development, including: written