•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course -Based Chemical Learning

Program Studi S1 Pendidikan Kimia UNESA

 
Card image

Course Description

Study of media selection, learning design and presentation of ICT-based media Offline and Online in chemistry learning through discussion and practice

Program Objectives (PO)

  • CPMK-P : Mahasiswa mampu menganalisis prinsip pedagogik kimia serta mengevaluasi relevansi berbagai aplikasi ICT dalam merancang, melaksanakan, dan menilai pembelajaran kimia.
  • CPMK-K: Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan pembelajaran kimia berbasis ICT yang inovatif serta mengembangkan strategi evaluasi untuk menilai efektivitas penerapannya.
  • CPMK-P2 : Mahasiswa mampu mengevaluasi pendekatan pedagogik kimia yang sesuai untuk penerapan ICT dalam pembelajaran.
  • CPMK-K2: Mahasiswa mampu mengembangkan strategi evaluasi untuk menilai efektivitas penerapan ICT dalam pembelajaran kimia.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Menganalisis urgensi ICT dalam pembelajaran kimia abad 21 melalui diskusi kelas dengan memberikan minimal dua argumen logis.
    • Date  4 September 2025

  • Pertemuan 2
    Menganalisis prinsip pedagogik kimia untuk integrasi ICT.
    • Date  11 September 2025

  • Pertemuan 3
    Aplikasi ICT dalam pembelajaran kimia.
    • Date  18 September 2025

  • Pertemuan 4
    Merancang skenario pembelajaran kimia berbasis ICT
    • Date  25 September 2025

  • Pertemuan 5
    Merancang storyboard atau kerangka media pembelajaran
    • Date  2 Oktober 2025

  • Pertemuan 6
    • Date  9 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Dapat mengevaluasi pendekatan pedagogik kimia untuk penerapan ICT.
    • Date  16 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    USS: menganalisis dan mengevaluasi kasus nyata penerapan ICT
    • Date  23 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Merancang pembelajaran daring berbasis media interaktif melalui LMS dengan menghasilkan rancangan aktivitas sinkronus dan asinkronus yang sesuai kebutuhan peserta didik.
    • Date  30 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Pembelajaran kimia berbasis ICT melalui microteaching daring dengan menampilkan keterampilan komunikasi dan integrasi media digital secara efektif.
    • Date  6 November 2025

  • Pertemuan 11
    Efektivitas pendekatan pedagogik kimia berbasis ICT melalui refleksi kritis dalam forum LMS dengan menyampaikan minimal dua solusi permasalahan.
    • Date  13 November 2025

  • Pertemuan 12
    Instrumen evaluasi pembelajaran berbasis ICT melalui workshop daring dengan menghasilkan butir instrumen yang valid.
    • Date  20 November 2025

  • Pertemuan 13
    Merancang proyek akhir berupa media pembelajaran kimia berbasis ICT beserta strategi evaluasinya melalui bimbingan daring dengan rancangan yang layak.
    • Date  27 November 2025

  • Pertemuan 14
    Dan mengevaluasi implementasi proyek akhir pembelajaran berbasis ICT melalui presentasi virtual dengan capaian sesuai rubrik.
    • Date  4 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Merevisi dan menyempurnakan produk proyek akhir berdasarkan masukan dosen dan rekan sejawat dengan menghasilkan produk final yang layak pakai.
    • Date  11 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Menganalisis, mengevaluasi, dan merefleksi penerapan ICT dalam pembelajaran kimia melalui tes esai reflektif dan portofolio digital dengan memenuhi kriteria rubrik penilaian.
    • Date  18 Desember 2025

References

Lecturer

SUKARMIN
SUKARMIN
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

KUSUMAWATI DWININGSIH
KUSUMAWATI DWININGSIH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Kimia
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10