Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam UNESA
Course Description
Mastering the basics of writing articles in science education that reflects reasoning abilities in formulating procedural problem solving in science education.
Program Objectives (PO)
Menguasai dasar-dasar pembuatan proposal/artikel penelitian di bidang pendidikan sains yang mencerminkan kemampuan penalaran dalam merumuskan penyelesaian masalah prosedural di bidang pendidikan sains
Mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi, termasuk hasil masukan, ide, teman sejawat, referensi, dan memberikan ide untuk memilih berbagai alternatif solusi
Bertanggung jawab atas tugas membuat dan mempresentasikan proposal dan/atau artikel penelitian
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Tren terkini dalam penelitian pendidikan sains di Indonesia dan global (pembelajaran, media, dan asesmen)
Date 29 Agustus 2025
Pertemuan 2
Kode etik penelitian pendidikan sains dengan subjek manusia
Date 5 September 2025
Pertemuan 3
Tata cara penulisan data dan referensi sesuai gaya selingkung APA 7th ed.
Date 12 September 2025
Pertemuan 4
Pekerjaan prosedural untuk menulis pendahuluan dan latar belakang riset
Date 19 September 2025
Pertemuan 5
Pekerjaan prosedural untuk menentukan rumusan masalah riset
Date 26 September 2025
Pertemuan 6
Pekerjaan prosedural untuk menentukan dan menulis tinjauan pustaka yang sesuai dengan rumusan masalah riset
Date 3 Oktober 2025
Pertemuan 7
Pekerjaan prosedural untuk menentukan dan menulis metode yang sesuai dengan rumusan masalah riset
Date 10 Oktober 2025
Pertemuan 8
-
Date 24 Oktober 2025
Pertemuan 9
Ide penyelesaian proposal riset (seminar) dengan memanfaatkan teknologi informasi
Date 31 Oktober 2025
Pertemuan 10
Ide penyelesaian proposal riset (seminar) dengan memanfaatkan teknologi informasi
Date 7 November 2025
Pertemuan 11
Ide penyelesaian proposal riset (seminar) dengan memanfaatkan teknologi informasi
Date 14 November 2025
Pertemuan 12
Ide penyelesaian proposal riset (seminar) dengan memanfaatkan teknologi informasi
Date 21 November 2025
Pertemuan 13
Ide penyelesaian proposal riset (seminar) dengan memanfaatkan teknologi informasi
Date 28 November 2025
Pertemuan 14
Ide penyelesaian proposal riset (seminar) dengan memanfaatkan teknologi informasi
Date 5 Desember 2025
Pertemuan 15
Ide penyelesaian proposal riset (seminar) dengan memanfaatkan teknologi informasi
Studying the theoretical basis, stages, classroom management, and evaluation in differentiated learning, TaRL approach, CRT approach, direct teaching model, cooperative learning model, and scientific approach-oriented
Study of schools of thought in science, scientific philosophical questions (ontology, epistemology, and axiology), the role of tools of science, and scientific components (scientific products,
Providing skills regarding purification, identification of functional groups, determination of physical properties, synthesis of simple organic compounds, and isolation of biological organic compounds. Lectures are