This course discusses how new technologies influence and shape cultural practices in society. This includes discussion of the basic concepts of cyberspace and cyberculture both in theoretical and technological contexts such as virtual communities, identity, cyborgs as well as several special themes such as popular cyberculture, cybersubculture, cyberfeminism, and cyberbodies.
Program Objectives (PO)
Mahasiswa mampu memahami perkembangan media baru dalam konteks lokal dan global
Mahasiswa mampu menganalisis strategi manajemen media baru untuk menjangkau audiens multikultural dan beragam secara global
Mahasiswa mampu mengkonsepkan strategi manajemen media yang inklusif, dengan menggunakan platform media baru untuk mengembangkan produk atau kampanye media massa yang mempertimbangkan kesenjangan digital
Mahasiswa mampu menguraikan dampak teknologi baru AI (Artificial Intelligence), IoT (Internet of Things), dan Big Data terhadap perkembangan media massa serta penggunaannya dalam konteks manajemen media yang berkelanjutan dan inklusif
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Kontrak perkulihan dan media baru dan perkembangan
Date 3 Februari 2025
Pertemuan 2
Karateristik dan dampak pada media baru
Date 10 Februari 2025
Pertemuan 3
Media baru dalam kehidupan sehari - hari
Date 17 Februari 2025
Pertemuan 4
Menganalisis mampu menganalisis konvergensi media
Date 24 Februari 2025
Pertemuan 5
Menganalisis mampu menganalisis konvergensi media
Date 3 Maret 2025
Pertemuan 6
Menganalisis media baru dalam kampanye komunikasi digital dengan perspektif global dan inklusif
Date 10 Maret 2025
Pertemuan 7
Hukum, etika dan kebijakan pada perkembangan media baru
Date 17 Maret 2025
Pertemuan 8
Menganalisis media baru, dampa media baru, konvergensi media, perspektif global, mengintegrasikan hukum, etika kebijakan pada perkembangan media baru (UTS)
Date 24 Maret 2025
Pertemuan 9
Menganalisis media baru dalam budaya populer
Date 31 Maret 2025
Pertemuan 10
Menganalisis medua baru dalam budaya populer
Date 7 April 2025
Pertemuan 11
Menganalisis dampak media baru dalam ekonomi global maupun lokal
Date 14 April 2025
Pertemuan 12
Menganalisis dampak media baru dalam ekonomi global maupun lokal
Date 21 April 2025
Pertemuan 13
Menganalisis media baru dengan mengintegrasikan kecerdasan buatan
Date 28 April 2025
Pertemuan 14
Menganalisis media baru dengan mengintegrasikan kecerdasan buatan
Date 5 Mei 2025
Pertemuan 15
Menganalisis media baru dalam industri televisi dan film
Able to work together and communicate and care for the community by applying the science of organizational behavior to be able to formulate alternative problem
Discusses the nature of education; consistency of Ki Hajar Dewantara‘s thinking; Liberating educational ideology; literacy and logic, practicalism and formality in the world of education;
Study of political dimensions, government, power, authority, legitimacy, state, nation, political integration, ideology, political parties, political and interest representation, political decisions, political conflicts, political behavior,