Course Description
This course discusses the understanding and steps regarding observation and learning, micro skills, asking questions, reinforcement skills, variation skills, explaining skills, opening and closing skills, guiding small group discussion skills, class management skills, group teaching skills. Small and Individual.
Program Objectives (PO)
- Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, serta berjiwa kewirausahaan dalam merancang dan melaksanakan simulasi pembelajaran sejarah melalui kegiatan mikroteaching.
- Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam merancang skenario pembelajaran sejarah yang sesuai dengan standar kompetensi pedagogis dan profesional guru.
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan melalui refleksi dan evaluasi diri, serta berkolaborasi dengan dosen dan teman sejawat untuk meningkatkan keterampilan mengajar dalam kegiatan mikroteaching
- Mahasiswa mampu merancang, melaksanakan, serta menilai proses dan hasil pembelajaran sejarah melalui praktik mikroteaching dengan menerapkan strategi, metode, dan media pembelajaran yang relevan.
- Mahasiswa mampu memecahkan kompleksitas permasalahan pembelajaran sejarah melalui pendekatan riset interdisipliner dan multidisipliner dalam praktik mikroteaching, serta mengintegrasikan hasil kajian ke dalam perbaikan pembelajaran.