•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Development of Civic Education Learning

Program Studi S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan UNESA

 
Card image

Course Description

Mata kuliah Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada jenjang S2 bertujuan untuk mengembangkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang inovatif dan efektif. Mata kuliah ini mencakup teori-teori pembelajaran, strategi pembelajaran, desain pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran khususnya dalam konteks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Ruang lingkup mata kuliah meliputi pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila, konstitusi, demokrasi, hak asasi manusia, pluralisme, toleransi, serta kewarganegaraan yang berbasis pada kebhinekaan dan keadilan sosial.

Program Objectives (PO)

  • Menerapkan konsep-konsep dasar PPKn dalam merancang program pembelajaran yang inovatif dan kontekstual (C3)
  • Menganalisis berbagai teori dan model pembelajaran PPKn untuk mengidentifikasi yang paling efektif dalam konteks pendidikan saat ini (C4)
  • Mengevaluasi efektivitas metode pengajaran PPKn berdasarkan hasil penelitian terkini dan standar pendidikan nasional (C5)
  • Menciptakan materi ajar PPKn yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dan nasionalisme dengan pendekatan multidisipliner (C6)
  • Menerapkan pendekatan interdisipliner dalam mengatasi masalah-masalah aktual di bidang PPKn (C3)
  • Menganalisis dampak implementasi kurikulum PPKn terhadap pencapaian kompetensi siswa (C4)
  • Mengevaluasi dan menyempurnakan strategi pembelajaran PPKn berdasarkan feedback dari berbagai stakeholder pendidikan (C5)
  • Menciptakan alat evaluasi pembelajaran PPKn yang valid dan reliabel untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa (C6)
  • Menerapkan teknologi informasi dalam pengembangan materi dan metode pengajaran PPKn untuk meningkatkan keterlibatan siswa (C3)
  • Menganalisis peran PPKn dalam mengembangkan karakter siswa dan memecahkan masalah sosial di sekolah (C4)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Diharapkan mampu merancang program pembelajaran PPKn yang inovatif dan kontekstual.
    • Date  5 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Diharapkan mampu menerapkan konsep-konsep dasar PPKn dalam merancang program pembelajaran yang inovatif dan kontekstual.
    • Date  12 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Diharapkan mampu menganalisis berbagai teori dan model pembelajaran PPKn untuk mengidentifikasi yang paling efektif dalam konteks pendidikan saat ini.
    • Date  19 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Diharapkan mampu mengevaluasi metode pengajaran PPKn dengan kritis dan objektif berdasarkan penelitian terkini dan standar pendidikan nasional.
    • Date  26 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Diharapkan mampu menciptakan materi ajar PPKn yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dan nasionalisme dengan pendekatan multidisipliner.
    • Date  5 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Diharapkan mampu menciptakan materi ajar PPKn yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dan nasionalisme dengan pendekatan multidisipliner.
    • Date  12 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Diharapkan mampu menerapkan pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu untuk mengatasi masalah-masalah aktual di bidang PPKn.
    • Date  19 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Menganalisis bebagai permasalahan pembelajaran PPKn
    • Date  26 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Diharapkan mampu menganalisis dampak implementasi kurikulum PPKn terhadap pencapaian kompetensi siswa.
    • Date  2 April 2025

  • Pertemuan 10
    Diharapkan mampu mengevaluasi strategi pembelajaran PPKn dengan kritis dan mampu menyempurnakannya berdasarkan feedback yang diterima dari berbagai stakeholder pendidikan.
    • Date  9 April 2025

  • Pertemuan 11
    Diharapkan mampu menciptakan alat evaluasi pembelajaran PPKn yang valid dan reliabel untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.
    • Date  16 April 2025

  • Pertemuan 12
    Diharapkan mampu menciptakan alat evaluasi pembelajaran PPKn yang valid dan reliabel untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level C6.
    • Date  23 April 2025

  • Pertemuan 13
    Diharapkan mampu mengembangkan materi dan metode pengajaran PPKn yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan keterlibatan siswa.
    • Date  30 April 2025

  • Pertemuan 14
    Diharapkan mampu menganalisis peran PPKn dalam mengembangkan karakter siswa dan memecahkan masalah sosial di sekolah.
    • Date  7 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Diharapkan mampu menganalisis peran PPKn dalam mengembangkan karakter siswa dan memecahkan masalah sosial di sekolah.
    • Date  14 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    • Date  21 Mei 2025

Lecturer

LISTYANINGSIH
LISTYANINGSIH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

HARMANTO
HARMANTO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Semester2
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10