•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Corporate Social Responsibility

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi UNESA

 
Card image

Course Description

Examining the substance of company/institution programs that are beneficial for social and the surrounding environment, information systems, internal and external influences of the company, as well as evaluating CSR programs. Learning is carried out for one semester with an exposition-discovery learning strategy, the methods used are lectures, discussions, case studies, simulations, and practice in creating CSR programs. Assessment is carried out through written tests, performance and evaluation of activity programs.

Program Objectives (PO)

  • Mampu menganalisis program CSR perusahaan yang dianggap berhasil
  • Mampu bekerja sama secara efektif dalam tim dan dengan pemangku kepentingan eksternal (perusahaan/institusi dan komunitas).
  • Mampu mendeseminasikan ide-ide program CSR mereka kepada akademisi, praktisi, dan penerima manfaat.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Dan memahami definisi, sejarah, konsep, dan evolusi tanggung jawab sosial korporat (CSR)
    • Date  26 Agustus 2024

  • Pertemuan 2
    Jenis-jenis CSR dan model implementasinya dalam perusahaan/lembaga
    • Date  9 September 2024

  • Pertemuan 3
    Etika CSR dan tanggung jawab bisnis
    • Date  16 September 2024

  • Pertemuan 4
    Regulasi CSR di Indonesia
    • Date  23 September 2024

  • Pertemuan 5
    Data program CSR yang dilakukan oleh suatu perusahaan dan masyarakat penerima manfaat CSR dengan cara melakukan wawancara dan diskusi dengan perusahaan dan masyarakat penerima manfaat
    • Date  30 September 2024

  • Pertemuan 6
    Data program CSR yang dilakukan oleh suatu perusahaan dan masyarakat penerima manfaat CSR dengan cara melakukan wawancara dan diskusi dengan perusahaan dan masyarakat penerima manfaat
    • Date  7 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Yang sudah dibagi dalam kelompok mempresentasikan rencana program yang telah disusun, mulai dari narasi, detail program, time line, hingga RAB
    • Date  14 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    Yang sudah dibagi dalam kelompok mempresentasikan rencana program yang telah disusun, mulai dari narasi, detail program, time line, hingga RAB
    • Date  21 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Melakukan analisis implementasi program CSR oleh lembaga industri perusahaan berdasarkan laporan tahunan CSR, data-data kredibel terkait program CSR/TJSL perusahaan seperti pemberitaan, testimoni penerima manfaat, dll
    • Date  28 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Menganalisis stakeholders yang terkait dengan perusahaan dan membuat perencanaan stakeholders engagement dalam bentuk tabel
    • Date  4 November 2024

  • Pertemuan 11
    Membuat press release program CSR kepada media dan mengunggah ke sosial media yang dimiliki masing-masing kelompok
    • Date  11 November 2024

  • Pertemuan 12
    Kelompok mahasiswa mampu memimpin FGD tentang program CSR yang akan diimplementasikan kepada pemerintahan desa, tokoh masyarakat, perwakilan perempuan, pemuda, dan penerima manfaat
    • Date  18 November 2024

  • Pertemuan 13
    Membuat laporan evaluasi program CSR berdasar pilihan salah satu program CSR yang sudah dijalankan oleh perusahaan. Evaluasi terkait dengan output yang dihasilkan, respons penerima manfaat, kaitannya dengan konsep sustainability (keberlanjutan), greenwashing, ESG, dan FDG's
    • Date  25 November 2024

  • Pertemuan 14
    Merangkum menjadi satu laporan utuh kerja tim CSR dalam mempersiapkan program CSR mulai dari pembuatan TOR, rencana program CSR, stakeholders engagement planing, sosialisasi, press release, FGD, hingga evaluasi program CSR
    • Date  2 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Merangkum menjadi satu laporan utuh kerja tim CSR dalam mempersiapkan program CSR mulai dari pembuatan TOR, rencana program CSR, stakeholders engagement planing, sosialisasi, press release, FGD, hingga evaluasi program CSR
    • Date  9 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    Secara kritis program CSR berbagai perusahaan atau lembaga yang sudah dipilih dan memberikan usulan perbaikan program CSR perusahaan atau lembaga tersebut
    • Date  16 Desember 2024

Lecturer

ONI DWI ARIANTO
ONI DWI ARIANTO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

AWANG DHARMAWAN
AWANG DHARMAWAN
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Ilmu Komunikasi
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10