Conduct studies and provide an understanding of the role of assessment in the education and learning process that adapts to the curriculum applicable in schools. Basic concepts of authentic, alternative and classroom-based assessment including assessment instrument development workshops. Implementation of assessments, processing of assessment results data as well as techniques and various forms of authentic assessment. Learning is carried out by applying a constructivist approach. The learning activity ends with an exercise in making a specific assessment rubric by each student in group discussion and reflection activities
Program Objectives (PO)
Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep-konsep penilaian dan evaluasi dalam pembelajaran IPS
Mahasiswa mampu membedakan pendekatan dalam assessment dalam pembelajaran IPS
Mahasiswa mampu menerapkan Assessment Alternatif pada Pembelajaran IPS
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Pengertian asesmen, evaluasi dan penilaian hasil belajar
Date 6 Februari 2024
Pertemuan 2
Merumuskan definisi dari pendekatan Assessmenet of Learning
Date 13 Februari 2024
Pertemuan 3
Menganalisis manfaat Assessment Alternatif pada Pembelajaran IPS
Date 20 Februari 2024
Pertemuan 4
Mendesain berbagai jenis instrumen penilaian afektif dan psikomotor
Date 27 Februari 2024
Pertemuan 5
Mendesain berbagai jenis instrumen penilaian afektif dan psikomotor
Date 5 Maret 2024
Pertemuan 6
Mendesain berbagai jenis instrumen penilaian afektif dan psikomotor
Date 12 Maret 2024
Pertemuan 7
Berbagai jenis instrumen penilaian kognitif
Date 19 Maret 2024
Pertemuan 8
Mendesain berbagai jenis instrumen penilaian afektif, psikomotor, kognitif.
Date 26 Maret 2024
Pertemuan 9
Mendesain kisi-kisi penilaian kognitif.
Date 2 April 2024
Pertemuan 10
Menganalisis penilaian autentik yang sesuai dengan Capaian Pembelajaran IPS
Date 9 April 2024
Pertemuan 11
Mendesain berbagai penilaian autentik.
Date 16 April 2024
Pertemuan 12
Teknk analisis item tes hasil belajar
Date 23 April 2024
Pertemuan 13
Teknk analisis item tes hasil belajar
Date 30 April 2024
Pertemuan 14
Teknk analisis item tes hasil belajar
Date 7 Mei 2024
Pertemuan 15
Mempraktikan pengolahan dan pelaporan hasil penilaian.
Date 14 Mei 2024
Pertemuan 16
Mempraktikan pengolahan dan pelaporan hasil penilaian.
This course discusses the meaning of organization, the historical development of thought, the relationship between management and other sciences, the environment, structure, design, performance, organizational
Study of political dimensions, government, power, authority, legitimacy, state, nation, political integration, ideology, political parties, political and interest representation, political decisions, political conflict, political behavior,
Membahas hakekat pendiidkan, konsistensi pemikiran Ki Hajar Dewantara, ideologi pendidikan yang memerdekakan literasi dan logika, pragmatisme dan formalitas dunia pendidikan, tradisi akademik, tanggungjawab intelektual dan