Course Description
Study and provide an understanding of the concepts of learning planning and development, 21st century learning models, effective learning design, complete learning, direct learning, problem-based learning, cooperative learning, discovery learning, computational thinking, computer science concepts and soft skills, problem solving strategies, laboratory-based learning, teaching materials, and assessments. Learning is carried out using a constructivist approach and produces a portfolio of syllabi, lesson plans and learning modules from one particular basic competency in vocational secondary education for each student.
Program Objectives (PO)
- Mampu menerapkan konsep dan model pembelajaran inovatif dalam perancangan program pengajaran yang efektif untuk bidang teknologi informasi (C3)
- Menganalisis dan mengevaluasi efektivitas model pembelajaran yang digunakan dalam konteks teknologi informasi terkini (C4, C5)
- Mengembangkan materi ajar yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi terbaru sesuai dengan kebutuhan kurikulum teknologi informasi (C6)
- Menerapkan etika profesi guru dalam pengembangan dan penyampaian materi pembelajaran teknologi informasi (C3)
- Menganalisis kasus-kasus etika dalam pengajaran teknologi informasi untuk mengembangkan solusi yang etis dan profesional (C4)
- Mengevaluasi dan merevisi program pengajaran berbasis teknologi informasi berdasarkan feedback dari siswa dan perkembangan teknologi (C5)
- Menciptakan strategi pembelajaran yang integratif dan interaktif menggunakan alat-alat teknologi informasi terkini (C6)
- Menerapkan prinsip-prinsip desain instruksional dalam pengembangan kurikulum teknologi informasi yang responsif terhadap perubahan teknologi (C3)
- Menganalisis dampak penggunaan teknologi dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dan melakukan penyesuaian yang diperlukan (C4)
- Mengevaluasi berbagai model pembelajaran teknologi informasi dan memilih model yang paling efektif untuk situasi pembelajaran tertentu (C5)