•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Vocational Education

Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi UNESA

 
Card image

Course Description

Understanding of vocational education in Indonesia and in the world, which includes the objectives of vocational education, the vocational education system and the legislation that supports it.

Program Objectives (PO)

  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan vokasi/kejuruan baik secara nasional maupun internasional.
  • Mahasiswa mampu menganalisis tujuan, fungsi, dan peran pendidikan vokasi dalam mendukung pembangunan SDM dan kebutuhan industri.
  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan membandingkan sistem pendidikan vokasi di Indonesia dengan negara lain, termasuk keunggulan dan tantangannya.
  • Mahasiswa mampu memahami kebijakan, regulasi, dan perundangan yang mendukung pendidikan vokasi di Indonesia.
  • Mahasiswa mampu mengkaji model dan strategi pembelajaran inovatif yang sesuai dengan karakteristik pendidikan vokasi, khususnya di bidang teknologi informasi.
  • Mahasiswa mampu mengintegrasikan perkembangan teknologi terkini dalam perancangan strategi pembelajaran vokasi.
  • Mahasiswa mampu merancang perangkat pembelajaran atau produk pendidikan inovatif berbasis desain ilmiah yang relevan dengan kebutuhan pendidikan vokasi.
  • Mahasiswa mampu mengembangkan sumber belajar berbasis TIK untuk mendukung kegiatan pembelajaran vokasi di bidang teknologi informasi.
  • Mahasiswa mampu menyusun rancangan program pengajaran di bidang teknologi informasi sesuai kurikulum pendidikan vokasi yang berlaku.
  • Mahasiswa mampu mengevaluasi efektivitas implementasi program pengajaran vokasi yang dikembangkan, baik dari segi kesesuaian dengan kurikulum maupun keterpaduan dengan kebutuhan industri.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Urgensi pendidikan vokasi di era digital.
    • Date  28 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Menganalisis sistem pendidikan vokasi nasional
    • Date  4 September 2025

  • Pertemuan 3
    Struktur kurikulum pendidikan vokasi
    • Date  11 September 2025

  • Pertemuan 4
    Prosedur dan perbedaan sertifikasi (pendidik vs kompetensi)
    • Date  18 September 2025

  • Pertemuan 5
    Kebijakan dan perundangan vokasi (UU 20/2003, Permendikbud, dll).
    • Date  25 September 2025

  • Pertemuan 6
    Membandingkan sistem vokasi Indonesia dengan Asia, Australia, Eropa.
    • Date  2 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Merancang skenario Teaching Factory (TEFA) bidang TI.
    • Date  9 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Ujian Tengah Semester (UTS)
    • Date  23 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Model pembelajaran vokasi (PjBL, Work-Based Learning, Blended Learning).
    • Date  30 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    AI, IoT, dan TIK dalam pembelajaran vokasi.
    • Date  6 November 2025

  • Pertemuan 11
    Menyusun RPP/lesson plan vokasi bidang TI.
    • Date  13 November 2025

  • Pertemuan 12
    • Date  20 November 2025

  • Pertemuan 13
    Merancang instrumen/rubrik penilaian pembelajaran berbasis proyek.
    • Date  27 November 2025

  • Pertemuan 14
    • Date  4 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Inovasi & tren masa depan pendidikan vokasi
    • Date  11 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    UJIAN AKHIR SEMESTER
    • Date  18 Desember 2025

Lecturer

MOHAMMAD WILDAN HABIBI
MOHAMMAD WILDAN HABIBI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

NISA DWI SEPTIYANTI
NISA DWI SEPTIYANTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Teknologi Informasi
  • Semester5
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10