Course Description
This course teaches platform-based programming concepts and techniques. In teaching this concept, the Java programming language will be used because Java uses the concepts of objects and classes in making programs. Teaching materials include an introduction to OOP concepts, Java Virtual Machine (JVM), objects, classes, methods, constructors, I/O, inheritance, encapsulation, polymorphism, overloading, UML, files, AWT, Swing, applets and exceptions.
Program Objectives (PO)
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar dan arsitektur berbagai platform pengembangan aplikasi, termasuk platform mobile, web, dan desktop, serta perbedaannya dalam hal performa, kompatibilitas, dan ekosistem.
- Mahasiswa mampu merancang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) yang responsif dan adaptif pada berbagai platform, sesuai dengan prinsip desain modern dan kebutuhan pengguna.
- Mahasiswa mampu mengembangkan dan mengimplementasikan aplikasi lintas platform dengan menggunakan framework multi-platform populer
- Mahasiswa mampu melakukan pengujian, debugging, dan optimasi aplikasi berbasis platform secara efisien, serta mengevaluasi performa aplikasi di berbagai perangkat dan sistem operasi.
- Mahasiswa mampu bekerja secara kolaboratif dalam tim lintas fungsi untuk merancang dan membangun aplikasi berbasis platform, dengan menerapkan prinsip etika profesi dan komunikasi yang efektif.
- Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil pengembangan aplikasi multi-platform secara profesional, baik dalam bentuk dokumentasi teknis maupun demonstrasi fungsional aplikasi.