This course discusses the accounting cycle in the business world (Service Companies, Trading Companies, and Manufacturing Companies) which produces applicable SAK-based financial reports.
Program Objectives (PO)
Mahasiswa mampu membuat laporan keuangan perusahaan jasa, dagang, dan manufaktur secara benar berdasarkan data yang disediakan dengan menggunakan aplikasi komputer.
Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori Akuntansi dengan benar
Mahasiswa mampu menunjukkan karakter cerdas, teliti, jujur dan bertanggungjawab.
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Menganalisis konsep pengantar akuntansi dan perusahaan
Date 2 September 2024
Pertemuan 2
Menganalisis siklus akuntansi entitas jasa
Date 2 September 2024
Pertemuan 3
Menganalisis siklus akuntansi entitas jasa
Date 16 September 2024
Pertemuan 4
Menganalisis siklus akuntansi entitas jasa
Date 23 September 2024
Pertemuan 5
Menganalisis siklus akuntansi entitas dagang
Date 30 September 2024
Pertemuan 6
Menganalisis siklus akuntansi entitas dagang
Date 7 Oktober 2024
Pertemuan 7
Menyusun Jurnal Penutup
Date 14 Oktober 2024
Pertemuan 8
Ujian Tengah Semester
Date 21 Oktober 2024
Pertemuan 9
Menganalisis pengendalian internal dan kas
Date 28 Oktober 2024
Pertemuan 10
Menganalisis akun piutang
Date 4 November 2024
Pertemuan 11
Menganalisis akun persediaan
Date 11 November 2024
Pertemuan 12
Menganalisis akun asset tetap dan asset tak berwujud
Date 18 November 2024
Pertemuan 13
Menganalisis investasi dan akuntansi nilai wajar perusahaan
Date 25 November 2024
Pertemuan 14
Menganalisis akun liabilitas lancar dan penggajian
Date 2 Desember 2024
Pertemuan 15
Studi kasus terkait akun piutang, akun persediaan, akun asset tetap dan asset tak berwujud, investasi dan akuntansi nilai wajar perusahaan, dan akun liabilitas lancar dan penggajian
Understanding the use of mathematics in the field of economics which includes: understanding the function and supply and demand curves of market balance, the effect
This course contains concepts and implementing business plans that have been created by referring to the concepts of Business Starting Strategy, Salesmanship, Business Performance Measurement,
Mata kuliah ini membahas tentang bagaimana mengkonstruksikan konsep dasar penelitian, masalah, variabel, kerangka teori, hipotesis, rancangan penelitian, populasi, sampel, teknik sampling, teknik pengumpulan data, dan