•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Indonesian

Program Studi D4 Manajemen Informatika UNESA

 
Card image

Course Description

Discussion of (1) history, position and function of Indonesian (2) critical reading (3) characteristics of scientific Indonesian (4) EyD (5) scientific work (6) proposal writing (7) articles and papers (8) editing (9 ) citation and reference list, and (10) presentation. The methods used are lectures, discussions, projects and case studies.

Program Objectives (PO)

  • Menganalisis sejarah, kedudukan, dan fungsi bahasa Indonesia sebagai bentuk kepeduliah terhadap nilai kebangsaan, budaya, serta etika akademik.
  • Menganalisis secara kritis, logis, dan sistematis teks yang dibaca sesuai dengan dengan teknik dan fungsi membaca kritis
  • menganalisis karakteristik bahasa Indonesia ragam ilmiah.
  • Mengevaluasi ejaan, pilihan kata, kalimat, dan paragraf dalam bahasa Indonesia untuk mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.
  • Menganalisis etika dan plagiarisme dalam karya ilmiah sebagai bentuk penerapan etika akademik
  • mengevaluasi penulisan proposal, laporan, artikel, dan makalah secara kolaboratif guna pengembangan diri.
  • menganalisis keterampilan akademis: referensi dan sitasi
  • mengevaluasi bahasa dan penulisan karya ilmiah secara kolaboratif untuk pengembangan diri melalui kegiatan penyuntingan
  • Menghasilkan karya ilmiah populer sebagai secara kolaboratif yang bersifat informatif dan bernilai kewirausahaan.
  • menerapkan teknik presentasi secara kolaboratif, inovatif, dan adaptif untuk menyajikan produk proyek yang inovatif dan bernilai kewirausahaan.
  • menerapkan kesantunan berbahasa dalam konteks akademik dan nonakademik sebagai representasi nilai agama, kebangsaan, dan budaya nasional.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Menganalisis sejarah, kedudukan, dan fungsi bahasa Indonesia serta permasalahan penggunaan bahasa Indonesia di masyarakat.
    • Date  3 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Bahasa yang santun dalam konteks akademik, masyarakat, dan media sosial serta menganalisis ketidaksantunan berbahasa yang terdapat di karya ilmiah, masyarakat, dan media sosial.
    • Date  10 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Menganalisis secara kritis teks yang dibaca.
    • Date  17 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Menganalisis karakteristik bahasa Indonesia ragam ilmiah/bahasa Indonesia akademik.
    • Date  24 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Permasalahan ejaan dan pilihan kata yang diwujudkan dalam bentuk karya (produk)
    • Date  3 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Permasalahan paragraf bahasa Indonesia yang diwujudkan dalam bentuk karya (produk)
    • Date  10 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Permasalahan etika dan plagiarisme dalam penulisan karya ilmiah
    • Date  17 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    UTS: proyek final
    • Date  24 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Dan menerapkan keterampilan akademis, referensi, dan sitasi.
    • Date  31 Maret 2025

  • Pertemuan 10
    Keterampilan akademis: menyitasi dan dan merujuk (sitasi dan rujukan)
    • Date  7 April 2025

  • Pertemuan 11
    Penulisan proposal dan laporan penelitian (skripsi) sesuai prodi masing-masing
    • Date  14 April 2025

  • Pertemuan 12
    Penulisan artikel jurnal dan makalah prosiding dan menghasilkan artikel jurnal/makalah prosiding.
    • Date  21 April 2025

  • Pertemuan 13
    Karya ilmiah populer sesuai dengan topik/bidang kajian
    • Date  28 April 2025

  • Pertemuan 14
    Menyunting bahasa dalam karya ilmiah secara tepat.
    • Date  5 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Mempresentasikan hasil proyek sesuai dengan kriteria dan etika presentasi ilmiah
    • Date  12 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    Tes akhir (kognitif)
    • Date  19 Mei 2025

Lecturer

MOHAMMAD ROKIB
MOHAMMAD ROKIB
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiD4 Manajemen Informatika
  • Semester2
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10