•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Tourism Management

Program Studi S1 Pendidikan Bisnis UNESA

 
Card image

Course Description

This course provides an in-depth understanding of tourism management concepts and their practical applications, from the planning to the execution of tourism packages. Students will explore the foundations of tourism, including the unique nature of the tourism industry, types of tourism services, travel planning, tourist behavior, and tourism-related business operations. Key topics include tourism product development, service characteristics, tourism marketing frameworks, consumer behavior, market segmentation, targeting and positioning, service marketing mix, service quality and productivity, customer satisfaction and loyalty, and tourism communication. In addition to theoretical knowledge, students will observe and analyze real-world cases and implementations to gain hands on insights into the tourism sector.

Program Objectives (PO)

  • Mahasiswa Mampu memahami Ruang Lingkup Perkuliahan Perencanaan Pariwisata
  • Mahasiswa mampu menjelaskan Pembangunan Sektor Pariwisata dari Perspektif Globalisasi dan Ekonomi Politik
  • Mahasiswa Mampu memahami Pasar dan Industri Pariwisata
  • Mahasiswa mampu menjelaskan Formulasi dan Perencanaan Sektor Pariwisata pada Level Pemerintah Pusat

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Pendekatan dan disiplin-disiplin ilmu yang berkaitan dengan perencanaan dan kebijakan pariwisata
    • Date  27 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Konsep pariwisata dari berbagai pendekatan disiplin ilmu sosial
    • Date  3 September 2025

  • Pertemuan 3
    Hubungan antara globalisasi dan kemunculan destinasi-destinasi pariwisata baru, serta keterkaitannya dengan model pembangunan sebuah kawasan
    • Date  10 September 2025

  • Pertemuan 4
    Memberikan argumentasi tentang hak dan kebutuhan manusia untuk berwisata, berekspresi budaya dan menjadi bagian budaya-budaya yang berbeda dalam masyarakat plural yang multikultural
    • Date  17 September 2025

  • Pertemuan 5
    Memberikan gambaran atas pemahaman tentang pasar dan struktur industri pariwisata, mekanisme dalam industri pariwisata, ukuran dan potensi pasar pariwisata, serta karakteristik wisatawan baik domestik maupun mancanegara.
    • Date  24 September 2025

  • Pertemuan 6
    Memberikan argumentasi tentang perlu atau tidak perlunya keterlibatan pemerintah dalam pembangunan sektor pariwisata
    • Date  1 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Pentingnya perencanaan pariwisata pada level strategis serta tahapan-tahapan yang dilalui dalam proses perencanaan pariwisata
    • Date  15 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Middle Exam
    • Date  22 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Proses perencanaan sector pariwisata di level pemerintah pusat beserta para pihak yang terlibat didalamnya
    • Date  29 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Implementasi pariwisata di level pemerintah pusat, para pihak yang terlibat didalamnya, dan instrument-instrumen yang digunakan dalam mengimplementasikan kebijakan pariwisata
    • Date  5 November 2025

  • Pertemuan 11
    Perencanaan dan implementasi pariwisata di level pemerintah daerah, para pihak yang terlibat didalamnya, instrumen-instrumen yang digunakan, serta efektivitas keterlibatan actor lokal dalam implementasi kebijakan pariwisata
    • Date  12 November 2025

  • Pertemuan 12
    Sinergi antara sector public dan sector bisnis dalam industry pariwisata dan bagaimana sinergi antara kedua sector diorganisasikan
    • Date  19 November 2025

  • Pertemuan 13
    Pentingnya pengendalian industry pariwisata oleh sector public dan keterkaitannya dengan program pembangunan yang berkelanjutan.
    • Date  26 November 2025

  • Pertemuan 14
    Memberikan penjelasan tentang konsep pariwisata berkelanjutan beserta isu-isu yang menyertainya dan kemampuan mahasiswa dalam memberikan rekomendasi atas implementasi program pariwisata berkelanjutan
    • Date  3 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Memberikan penjelasan tentang peran atau keterlibatan kelompok-kelompok khusus dalam masyarakat dalam industry pariwisata
    • Date  10 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Final Exam
    • Date  17 Desember 2025

Lecturer

PUTRI HESTININGRUM
PUTRI HESTININGRUM
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

VENI RAFIDA
VENI RAFIDA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Bisnis
  • Semester7
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10