•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Introduction to Islamic Business and Management

Program Studi S1 Ekonomi Islam UNESA

 
Card image

Course Description

This course discusses the basic concepts of business and management from a Sharia perspective (Islamic values). In this course, students are expected to be able to explain the basic concepts of business and management, the development of business and management theories, the organizational environment, Islamic business ethics, be able to identify management functions, be able to define motivation and leadership, be able to explain management information systems, and be able to analyze and solve problems related to risk and conflict management. The teaching methods used in this course are Case Studies, Problem-Based Learning, and Lectures.

Program Objectives (PO)

  • Mampu menguasai teori Pengantar Bisnis dan Manajemen Islam secara menyeluruh
  • Mampu menyelesaikan tugas secara bertanggung jawab dan beretika
  • Mampu menerapkan teori tentang Pengantar Bisnis dan Manajemen Islam
  • Mampu mengomunikasikan alternatif hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan Bisnis dan Manajemen Islam

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep Bisnis dan manajemen
    • Date  29 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Konsep manajemen di era globalisasi
    • Date  5 September 2025

  • Pertemuan 3
    Membedakan ciri-ciri masing-masing jenis usaha beserta skala usaha dan bentuk badan usahanya.
    • Date  12 September 2025

  • Pertemuan 4
    Komponen rencana bisnis dan perencanaan manajemen strategis.
    • Date  19 September 2025

  • Pertemuan 5
    Konsep etika bisnis dan manajemen Islam, serta budaya organisasi.
    • Date  26 September 2025

  • Pertemuan 6
    Pengertian perencanaan, fungsi perencanaan, proses perencanaan. Mendeskripsikan pengertian perencanaan, fungsi perencanaan dan proses perencanaan
    • Date  3 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Proses pengorganisasian, koordinasi dan jangkauan manajemen.
    • Date  10 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Mid Examanation
    • Date  17 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Melakukan analisis SWOT organisasi di industri halal
    • Date  31 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Konsep penggerakan Sumber Daya Insani dan Motivasi Sumber Daya Insani
    • Date  7 November 2025

  • Pertemuan 11
    Komunikasi dan proses komunikasi, peranan komunikasi informal, Hambatan – hambatan dalam komunikasi dan solusi dalam mengatasinya, Peningkatan efektivitas komunikasi.
    • Date  14 November 2025

  • Pertemuan 12
    Kepemimpinan dan studi kepemimpinan, ciri-ciri Kepemimpinan, pendekatan perilaku Kepemimpinan, Teori X dan Y dari McGregor, Gaya Kepemimpinan Ideal, dan Kepemimpinan Nabi Muhammad sebagai panutan dalam Bisnis dan Manajemen Islam.
    • Date  21 November 2025

  • Pertemuan 13
    Penyebab perubahan, cara menangani perubahan, Resistensi terhadap perubahan, Proses manajemen perubahan, Pendekatan terhadap perubahan organisasi.
    • Date  28 November 2025

  • Pertemuan 14
    Siswa mampu menjelaskan tentang Konflik dan jenis-jenis konflik, Metode manajemen konflik, Konflik struktural, lini dan staf.
    • Date  5 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Supervisi dan jenis-jenis supervisi. Desain proses monitoring, Alat monitoring manajerial, Karakteristik supervisi yang efektif, Teknik dan metode supervisi, Anggaran yang diawasi, Penggunaan audit akuntansi untuk supervisi, Titik impas dan Analisis rasio.
    • Date  12 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  19 Desember 2025

Lecturer

NIZAR HOSFAIKONI HADI
NIZAR HOSFAIKONI HADI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

AZIDNI ROFIQO
AZIDNI ROFIQO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Ekonomi Islam
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10