•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Sharia Marketing

Program Studi S1 Ekonomi Islam UNESA

 
Card image

Course Description

This course examines the marketing concept which is currently oriented and focused on customers. Through studying the Sharia Marketing Management course, students will gain insight into modern marketing programs that are in accordance with Sharia in the 21st century. In this course students are expected to be able to describe sharia and conventional marketing concepts, describe the dynamics of Muslims as a potential market (market, market behavior and customer value), explaining and practicing the concept of ethics in sharia marketing, defining the concept of halal goods and services, explaining the characteristics of sharia marketing, defining and practicing consumer behavior, explaining and practicing marketing communication strategies, identifying the marketing mix, and explaining product development strategies New.

Program Objectives (PO)

  • Mampu menjelaskan landasan normatif Islam dan konsep pemasaran syariah serta membedakannya dari pemasaran konvensional (termasuk nilai ibadah, muamalah, dan etika profetik).
  • Menganalisis karakteristik pasar Muslim dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku keputusan pembelian untuk tujuan segmentasi, targeting, dan positioning.
  • Mengidentifikasi kriteria kehalalan produk/jasa dan merancang marketing mix (produk, harga, tempat/distribusi, promosi, branding) yang sesuai prinsip syariah.
  • Menyusun, menerapkan, dan mengevaluasi strategi pemasaran syariah terintegrasi pada studi kasus nyata dengan penerapan etika profetik dalam pengambilan keputusan.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep ibadah dan muamalah dalam perspektif Islam dan keterkaitannya dengan pemasaran
    • Date  30 Agustus 2023

  • Pertemuan 2
    Karakteristik pasar Muslim (demografi, pertumbuhan, kebutuhan, keinginan) dan memanfaatkan data untuk analisis peluang pasar
    • Date  6 September 2023

  • Pertemuan 3
    Membedakan pemasaran konvensional dan syariah berdasarkan prinsip dan orientasinya
    • Date  13 September 2023

  • Pertemuan 4
    Prinsip-prinsip pemasaran syariah dan implikasinya terhadap praktik pemasaran global
    • Date  20 September 2023

  • Pertemuan 5
    Faktor yang mempengaruhi perilaku etis pemasar dan mengintegrasikannya dalam strategi pemasaran
    • Date  27 September 2023

  • Pertemuan 6
    Kriteria halal dan mengidentifikasi transaksi yang dilarang sesuai prinsip syariah
    • Date  4 Oktober 2023

  • Pertemuan 7
    Karakteristik pemasar syariah dan perannya dalam membangun kepercayaan pasar
    • Date  11 Oktober 2023

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  18 Oktober 2023

  • Pertemuan 9
    Akhlak Nabi Muhammad dan mengaitkannya dengan praktik pemasaran kontemporer
    • Date  25 Oktober 2023

  • Pertemuan 10
    Akhlaqul karimah dalam strategi pemasaran berbasis kasus
    • Date  1 November 2023

  • Pertemuan 11
    Menganalisis perilaku konsumen Muslim dan proses keputusannya dengan pendekatan ilmiah
    • Date  8 November 2023

  • Pertemuan 12
    Elemen marketing mix dan mengadaptasikannya ke prinsip syariah
    • Date  15 November 2023

  • Pertemuan 13
    Mendesain marketing mix syariah yang realistis dan berbasis analisis pasar
    • Date  22 November 2023

  • Pertemuan 14
    Branding halal dalam strategi pengembangan produk
    • Date  29 November 2023

  • Pertemuan 15
    Menyusun strategi harga, promosi, dan distribusi sesuai prinsip syariah dan memanfaatkan teknologi informasi
    • Date  6 Desember 2023

  • Pertemuan 16
    Seluruh konsep, analisis, desain, dan strategi pemasaran syariah dalam bentuk proyek akhir
    • Date  20 Desember 2023

References

Lecturer

YAN PUTRA TIMUR
YAN PUTRA TIMUR
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

KHUSNUL FIKRIYAH
KHUSNUL FIKRIYAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Ekonomi Islam
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10