•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Islamic Consumer Behavior

Program Studi S1 Ekonomi Islam UNESA

 
Card image

Course Description

This course discusses the conceptual framework of consumer behavior and various relevant issues in the consumer decision making process which is integrated in marketing strategy. In this course students are expected to be able to describe the concept of consumer behavior, define consumer values, define consumer trust, explain consumer knowledge and attitudes, define consumer perception, describe motivation and buying interest, identify personality and lifestyle, measure and analyze consumer satisfaction and loyalty, and able to Analyze and Practice Consumer Protection.

Program Objectives (PO)

  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar dan landasan teologis perilaku konsumen Islami, termasuk prinsip etika syariah (Al-Qur’an, Hadis, nilai-nilai Islam) yang membentuk perilaku konsumsi Muslim dalam konteks global.
  • Mahasiswa mampu menganalisis faktor-faktor internal (psikologi, motivasi, persepsi, sikap, kepribadian, gaya hidup) dan eksternal (keluarga, kelompok referensi, budaya, status sosial, globalisasi) yang memengaruhi perilaku konsumen Muslim.
  • Mahasiswa mampu mengevaluasi proses pengambilan keputusan konsumen Muslim (pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, perilaku pasca pembelian) serta mengaitkannya dengan implikasi strategi pemasaran Islami.
  • Mahasiswa mampu merancang strategi pemasaran Islami berbasis pemahaman perilaku konsumen Muslim dengan memanfaatkan teknologi informasi (digital marketing Islami, e-commerce halal, media sosial, marketplace halal) secara adaptif, etis, dan sesuai prinsip syariah.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Perilaku konsumen Islami, ruang lingkup, serta ciri khas konsumen Muslim.
    • Date  29 Agustus 2023

  • Pertemuan 2
    Perkembangan perilaku konsumen, teori-teori, serta faktor yang memengaruhi perilaku konsumen Muslim.
    • Date  5 September 2023

  • Pertemuan 3
    Menganalisis model perilaku konsumen Islami serta mengidentifikasi dasar pembentuk perilaku konsumen Muslim.
    • Date  12 September 2023

  • Pertemuan 4
    Konsep nilai pelanggan Islami dan faktor yang membentuk customer value.
    • Date  19 September 2023

  • Pertemuan 5
    Menganalisis dimensi customer value dalam konteks perilaku konsumen Muslim.
    • Date  26 September 2023

  • Pertemuan 6
    Konsep kepercayaan pelanggan Muslim serta strategi mengembangkannya.
    • Date  3 Oktober 2023

  • Pertemuan 7
    Menganalisis peran pengetahuan & sikap dalam memengaruhi keputusan konsumen Muslim.
    • Date  10 Oktober 2023

  • Pertemuan 8
    Pemahaman konsep dasar, teori, model, nilai pelanggan, kepercayaan, pengetahuan & sikap konsumen Muslim melalui studi kasus komprehensif.
    • Date  17 Oktober 2023

  • Pertemuan 9
    Prinsip-prinsip persepsi dan menganalisis pengaruh persepsi halal terhadap perilaku konsumen Muslim.
    • Date  24 Oktober 2023

  • Pertemuan 10
    Faktor motivasi religius dan minat pembelian konsumen Muslim.
    • Date  31 Oktober 2023

  • Pertemuan 11
    Menganalisis proses terjadinya minat pembelian ulang pada konsumen Muslim.
    • Date  7 November 2023

  • Pertemuan 12
    Peran kepribadian dan gaya hidup Islami dalam perilaku konsumen Muslim.
    • Date  14 November 2023

  • Pertemuan 13
    Kepuasan konsumen Muslim dan merancang strategi peningkatan kepuasan sesuai prinsip syariah.
    • Date  21 November 2023

  • Pertemuan 14
    Tindak lanjut dari evaluasi kepuasan dan menyusun strategi pemasaran Islami berbasis konsumen.
    • Date  28 November 2023

  • Pertemuan 15
    Merancang strategi peningkatan loyalitas konsumen Muslim serta menjelaskan keterkaitan dengan customer lifetime value Islami.
    • Date  5 Desember 2023

  • Pertemuan 16
    Pemahaman konsep dasar, faktor internal-eksternal, kepuasan, loyalitas, dan CLV untuk merancang strategi pemasaran Islami dengan TI secara adaptif.
    • Date  19 Desember 2023

References

Lecturer

FITRIAH DWI SUSILOWATI
FITRIAH DWI SUSILOWATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

KHUSNUL FIKRIYAH
KHUSNUL FIKRIYAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Ekonomi Islam
  • Semester7
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10