•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Indonesian

Program Studi D4 Transportasi UNESA

 
Card image

Course Description

Discussion of (1) history, position and function of Indonesian (2) critical reading (3) characteristics of scientific Indonesian (4) EyD (5) scientific work (6) proposal writing (7) articles and papers (8) editing (9 ) citation and reference list, and (10) presentation. The methods used are lectures, discussions, projects and case studies.

Program Objectives (PO)

  • Menganalisis sejarah, kedudukan, dan fungsi bahasa Indonesia sebagai bentuk kepeduliah terhadap nilai kebangsaan, budaya, serta etika akademik.
  • Menganalisis secara kritis, logis, dan sistematis teks yang dibaca sesuai dengan dengan teknik dan fungsi membaca kritis
  • menganalisis karakteristik bahasa Indonesia ragam ilmiah.
  • Mengevaluasi ejaan, pilihan kata, kalimat, dan paragraf dalam bahasa Indonesia untuk mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.
  • Menganalisis etika dan plagiarisme dalam karya ilmiah sebagai bentuk penerapan etika akademik
  • mengevaluasi penulisan proposal, laporan, artikel, dan makalah secara kolaboratif guna pengembangan diri.
  • menganalisis keterampilan akademis: referensi dan sitasi
  • mengevaluasi bahasa dan penulisan karya ilmiah secara kolaboratif untuk pengembangan diri melalui kegiatan penyuntingan
  • Menghasilkan karya ilmiah populer sebagai secara kolaboratif yang bersifat informatif dan bernilai kewirausahaan.
  • menerapkan teknik presentasi secara kolaboratif, inovatif, dan adaptif untuk menyajikan produk proyek yang inovatif dan bernilai kewirausahaan.
  • menerapkan kesantunan berbahasa dalam konteks akademik dan nonakademik sebagai representasi nilai agama, kebangsaan, dan budaya nasional.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Menganalisis sejarah, kedudukan, dan fungsi bahasa Indonesia serta permasalahan penggunaan bahasa Indonesia di masyarakat.
    • Date  5 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Bahasa yang santun dalam konteks akademik, masyarakat, dan media sosial serta menganalisis ketidaksantunan berbahasa yang terdapat di karya ilmiah, masyarakat, dan media sosial.
    • Date  12 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Menganalisis secara kritis teks yang dibaca.
    • Date  19 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Menganalisis karakteristik bahasa Indonesia ragam ilmiah/bahasa Indonesia akademik.
    • Date  26 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Permasalahan ejaan dan pilihan kata yang diwujudkan dalam bentuk karya (produk)
    • Date  4 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Permasalahan paragraf bahasa Indonesia yang diwujudkan dalam bentuk karya (produk)
    • Date  11 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Permasalahan etika dan plagiarisme dalam penulisan karya ilmiah
    • Date  18 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    UTS: proyek final
    • Date  25 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Dan menerapkan keterampilan akademis, referensi, dan sitasi.
    • Date  1 April 2024

  • Pertemuan 10
    Keterampilan akademis: menyitasi dan dan merujuk (sitasi dan rujukan)
    • Date  15 April 2024

  • Pertemuan 11
    Penulisan proposal dan laporan penelitian (skripsi) sesuai prodi masing-masing
    • Date  22 April 2024

  • Pertemuan 12
    Penulisan artikel jurnal dan makalah prosiding dan menghasilkan artikel jurnal/makalah prosiding.
    • Date  29 April 2024

  • Pertemuan 13
    Karya ilmiah populer sesuai dengan topik/bidang kajian
    • Date  6 Mei 2024

    Manajemen Referensi dengan Mendeley
  • Pertemuan 14
    Menyunting bahasa dalam karya ilmiah secara tepat.
    • Date  13 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Mempresentasikan hasil proyek sesuai dengan kriteria dan etika presentasi ilmiah
    • Date  20 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Tes akhir (kognitif)
    • Date  3 Juni 2024

Lecturer

RIKI NASRULLAH
RIKI NASRULLAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiD4 Transportasi
  • Semester2
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10