•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Research Methods Assessment and Evaluation

Program Studi S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan UNESA

 
Card image

Course Description

Matakuliah Metode Penelitian, Asesmen, Dan Evaluasi pada jenjang S3 program studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan membahas tentang berbagai metode penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan, teknik-teknik asesmen untuk mengukur hasil belajar, serta evaluasi program pendidikan. Tujuan dari matakuliah ini adalah memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa tentang proses penelitian, asesmen, dan evaluasi dalam konteks pendidikan, sehingga mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan dalam merancang dan melaksanakan penelitian, melakukan asesmen yang valid dan reliabel, serta melakukan evaluasi program pendidikan secara efektif. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pemahaman konsep dasar penelitian, teknik-teknik pengumpulan dan analisis data, asesmen hasil belajar, serta evaluasi program pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Program Objectives (PO)

  • Menerapkan prinsip-prinsip metodologi penelitian dalam merancang studi empiris di bidang pendidikan (C3)
  • Menganalisis berbagai pendekatan asesmen dan evaluasi untuk mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan masing-masing metode (C4)
  • Mengevaluasi kualitas instrumen penelitian dan asesmen berdasarkan prinsip validitas dan reliabilitas (C5)
  • Menciptakan desain penelitian inovatif yang mengintegrasikan pendekatan interdisipliner dalam evaluasi pendidikan (C6)
  • Menerapkan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif dalam mengolah hasil penelitian pendidikan (C3)
  • Menganalisis hasil evaluasi program pendidikan untuk mengidentifikasi pola dan tren keberhasilan (C4)
  • Mengevaluasi etika penelitian dan standar profesional dalam pelaksanaan asesmen pendidikan (C5)
  • Menciptakan model evaluasi komprehensif yang memadukan berbagai metode pengukuran psikologis (C6)
  • Menerapkan prinsip psikometrika komputasi dalam pengembangan instrumen asesmen adaptif (C3)
  • Menganalisis big data pendidikan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penentu keberhasilan pembelajaran (C4)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Diharapkan mampu menerapkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara tepat dalam konteks pendidikan untuk mengatasi masalah yang dihadapi.
    • Date  5 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Diharapkan mampu menganalisis secara kritis berbagai pendekatan penilaian dan evaluasi dalam pendidikan, serta dapat mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dari setiap pendekatan tersebut.
    • Date  12 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Diharapkan mampu menganalisis secara kritis berbagai pendekatan penilaian dan evaluasi dalam pendidikan, serta mampu mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dari setiap pendekatan tersebut.
    • Date  19 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Diharapkan mampu mengembangkan instrumen penilaian yang valid dan reliabel serta memahami prinsip-prinsip psikometrika yang menjadi dasar pengembangan instrumen tersebut.
    • Date  26 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Diharapkan mampu menerapkan teknik analisis data statistik dan big data secara efektif untuk mendukung pengambilan keputusan dalam penelitian pendidikan.
    • Date  5 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Diharapkan mampu mengevaluasi metode penelitian yang digunakan dalam studi kasus nyata di bidang pendidikan dengan menggunakan taksonomi Bloom level C5.
    • Date  12 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Diharapkan mampu mengevaluasi secara kritis metode penelitian yang digunakan dalam studi kasus nyata di bidang pendidikan, serta mampu menyusun rekomendasi perbaikan atau pengembangan metode penelitian yang lebih efektif.
    • Date  19 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Ujian Tengah Semester
    • Date  26 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Diharapkan mampu menciptakan model evaluasi baru yang inovatif untuk mengatasi tantangan dalam penilaian pendidikan.
    • Date  2 April 2025

  • Pertemuan 10
    Diharapkan mampu menciptakan model evaluasi baru yang inovatif untuk mengatasi tantangan dalam penilaian pendidikan.
    • Date  9 April 2025

  • Pertemuan 11
    Diharapkan mampu menganalisis hasil penelitian secara kritis dan menghasilkan rekomendasi praktis yang dapat diterapkan dalam konteks pendidikan.
    • Date  16 April 2025

  • Pertemuan 12
    Diharapkan mampu menganalisis hasil penelitian secara kritis dan menghasilkan rekomendasi praktis yang dapat diterapkan dalam konteks pendidikan.
    • Date  23 April 2025

  • Pertemuan 13
    Diharapkan mampu menerapkan pendekatan interdisipliner dalam penelitian untuk mengintegrasikan berbagai perspektif dalam evaluasi pendidikan.
    • Date  30 April 2025

  • Pertemuan 14
    Metode penelitian yang digunakan, menyempurnakan metode penelitian berdasarkan feedback peer dan hasil penelitian terkini, serta meningkatkan kualitas penelitian yang dilakukan.
    • Date  7 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Diharapkan mampu menciptakan alat evaluasi adaptif yang menggunakan teknologi terkini untuk meningkatkan akurasi dan efisiensi penilaian.
    • Date  14 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    Ujian Akhir Semester
    • Date  21 Mei 2025

Lecturer

YURIZKA MELIA SARI
YURIZKA MELIA SARI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

WASIS
WASIS
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
  • Semester2
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10