•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Komunikasi dan Pengembangan Konten Digital

Program Studi S2 Industri Kreatif UNESA

 
Card image

Course Description

Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa pascasarjana dengan pemahaman strategis dan keterampilan praktis dalam komunikasi dan pengembangan konten digital. Fokus utama adalah pada bagaimana konten dapat menjadi aset inti dalam membangun dan mengoptimalkan sebuah usaha di industri kreatif. Mahasiswa akan belajar mulai dari perancangan strategi konten berbasis audiens, teknik narasi (storytelling), produksi berbagai format konten (teks, visual, video), hingga analisis performa untuk pengambilan keputusan bisnis.

Program Objectives (PO)

  • Mahasiswa mampu merumuskan strategi konten digital yang sistematis dan kreatif
  • Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis dan kreatif dalam menyusun hubungan media dan mengukur impact media sosial
  • Mahasiswa menguasai pengetahuan mengenai manajemen strategi relasi publik dan media sosial melalui etika profesional
  • Mahasiswa mampu mempresentasikan luaran dalam bentuk buku/artikel mengenai komunikasi dan pengembangan konten digital
  • Mahasiswa merancang konten digital dalam bentuk video berdasarkan luaran artikel

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Empat pilar dalam hubungan media
    • Date  4 September 2025

  • Pertemuan 2
    Evolusi dari media sosial dan kebangkitan digital
    • Date  11 September 2025

  • Pertemuan 3
    Merumuskan integrasi antara konten, media sosial dan marketing
    • Date  18 September 2025

  • Pertemuan 4
    Proses strategis hubungan media dan kurasi konten digital
    • Date  25 September 2025

  • Pertemuan 5
    Kanal media sosial sesuai dengan industri dalam pengambilan keputusan bisnis
    • Date  2 Oktober 2025

  • Pertemuan 6
    Memaknai hukum, serta kombinasi antara etika dengan peraturan dalam media sosial
    • Date  9 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Proses manajemen krisis dalam lingkup digital
    • Date  16 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Memproduksi karya tulis mengenai pembuatan konten dan komunikasi sosial
    • Date  23 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Engagement dan pengolahan data industri dari media sosial
    • Date  30 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Menganalisa tren media sosial untuk kebutuhan industri
    • Date  6 November 2025

  • Pertemuan 11
    Antara 'viral', 'contagious' dan 'sticky' konten.
    • Date  13 November 2025

  • Pertemuan 12
    Pentingnya trend terhadap foto, infografis, GIFs, meme dan video yang dapat mentransformasi pasar konten pada masyarakat
    • Date  20 November 2025

  • Pertemuan 13
    Praktek media sosial dan mengerti bagaimana cara untuk menghindari keputusan yang tidak etis
    • Date  27 November 2025

  • Pertemuan 14
    Perbedaan antara 'social media guidelines' dan 'social media policies'
    • Date  4 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Cara hubungan masyarakat yang efektif dapat mensukseskan content marketing dalam industri
    • Date  11 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Memproduksi konten video mengenai materi yang didasarkan pada karya tulis
    • Date  18 Desember 2025

Lecturer

HERMA RETNO PRABAYANTI
HERMA RETNO PRABAYANTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Industri Kreatif
  • Semester1
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10