This course examines the definition of problems, types of problems, problem solving strategies, and stages of problem solving and their application through ICT-assisted task-based active learning.
Program Learning Outcomes (PLO)
PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
PLO-5 Memiliki pengetahuan dasar matematika untuk memecahkan masalah matematika dan terapannya dalam pendidikan
PLO-6 Menguasai prinsip-prinsip pengetahuan matematika untuk mendukung kemampuan berpikir matematis dalam memecahan masalah matematis
PLO-8 Mendemostrasikan keterampilan dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika berwawasan pendidikan realistik berbasis teknologi yang adaptif dan inovatif
Program Objectives (PO)
PO-1 Memahami landasan dasar pemecahan masalah; Menganalisis pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika; Menganalisis tahapan dan strategi pemecahan masalah
PO-2 Menganalisis hubungan pemecahan masalah dan pengajuan masalah; Mengevaluasi hubungan antara pemecahan masalah dan berpikir matematis
PO-3 Memecahkan masalah matematis topik teori bilangan, aljabar, geometri dan trigonometri, statistik, dan peluang, kombinatorik
PO-4 Menganalisis dan menyusun soal kategori masalah untuk pembelajaran maupun olimpiade Matematika SMP/SMA