Mengkaji tentang metodologi penelitian untuk menentukan tema penelitian dan menyusun rancangan penelitian berdasarkan pada teknik penulisan karya ilmiah. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem presentasi, diskusi, laporan buku/jurnal, dan refleksi.
Program Learning Outcomes (PLO)
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
PLO-5 Menguasai filosofi dan metodologi pembelajaran pendidikan dasar untuk menghasilkan inovasi pembelajaran.
PLO-7 Mampu mengembangkan atau menemukan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru untuk memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan teknologi yang inovatif serta responsif terhadap kebutuhan pendidikan dasar.
PLO-9 Mampu mengembangkan roadmap penelitian dengan pendekatan inter, multi, dan transdisiplin, yang mengakomodasi kompleksitas dan kontekstualitas, untuk menghasilkan kebaharuan.
Program Objectives (PO)
PO-1 Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
PO-2 Memiliki kemandirian belajar lebih lanjut (sustainable development) serta mampu berfikir secara logis dan analitis untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi secara profesional.
PO-3 Memahami teori dan praktek pembelajaran pengembangan ilmu pembelajaran dan pendidikan
PO-4 Mampu membangun jaringan yang diperlukan untuk pengembangan pembelajaran/pendidikan dan mampu berkomunikasi dan bersosialisasi secara efektif serta mampu mengembangkan diri dan mampu berfikir secara logis dan analitis untuk menyelesaikan masalah-masalah yangdihadapi secara profesional.
PO-5 Mampu mengembangkan roadmap penelitian sesuai dalam penelitian pendidikan dasar