Pembahasan sistem perkuliahan, proposal dan cakupan, topik dan judul, vokus masalah dan tujuan, penelitian terdahulu dan konsep teoritis, metode penelitian, pengembangan referensi, penulisan daftar pustaka, dan pendalaman (presentasi dan diskusi).
Program Learning Outcomes (PLO)
PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
PLO-5 Mampu menguasai filsafat pendidikan, filsafat bahasa dan sastra, dan teori-teori mutakhir bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya
PLO-9 Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan, dan pembinaan sumber daya serta organisasi yang yang menjadi tanggung jawabnya
Program Objectives (PO)
PO-1 Mampu menerapkan metodologi penelitian yang sesuai untuk mengembangkan teori atau konsep baru dalam pendidikan bahasa dan sastra (C3)
PO-2 Menganalisis dan mengevaluasi berbagai pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner dalam penelitian pendidikan bahasa dan sastra (C4, C5)
PO-3 Mengembangkan proposal penelitian yang inovatif dengan mengintegrasikan berbagai teori dan konsep dari disiplin ilmu yang berbeda (C6)
PO-4 Mengevaluasi relevansi dan efektivitas metodologi penelitian yang digunakan dalam studi kasus nyata (C5)
PO-5 Menciptakan kerangka kerja penelitian yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk mengatasi permasalahan yang kompleks (C6)
PO-6 Menerapkan prinsip-prinsip etika penelitian dalam merancang dan melaksanakan penelitian (C3)