Metode Numerik membekali mahasiswa S2 Pendidikan Matematika paradigma numerik dan prinsip dasar penyelesaian numerik tanpa meninggalkan skema pembuktian analitiknya. Pemahaman konsep numerik meliputi konsep galat termasuk sumber dan cara pencegahannya, aproksimasi akar persamaan linier dan nonlinear termasuk metode penyelesaian dan skema pembuktian analitiknya, interpolasi termasuk aproksimasi dan penghalusan (smoothing) data, serta diferensiasi dan integrasi numerik dengan skema pembuktian analitiknya. Penguasaan konsep numerik diharapkan diikuti dengan keterampilan dalam penerapan dalam pembelajaran matematika konstektual di jenjang pendidikan dasar dan menengah. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan kolaborasi antara pendekatan problem-based learning, case-study berdasarkan data kontekstual dan realitis, serta project-based yang wajib dipresentasikan sesuai dengan problem yang sudah ditentukan. Pelaksanaan penilaian ditentukan berbasis OBE dengan bobot prosentasional dan dilakukan selama proses pembelajaran dengan partisipasi interaktif, sikap mandiri-kritis-inovatif dan kreatif, presentasi project-based, tugas dan ujian formatif semester.