CPL-5 Menguasai konsep teoritis dasar-dasar teori pendidikan yang relevan dengan pendidikan khusus
CPL-7 Menemukenali dan mengasesmen PDBK dengan menggunakan berbagai teknik dan strategi
CPL-10 Memanfaatkan media dan teknologi asistif dalam layanan pendidikan khusus
CPMK
CPMK-1 Menguasai dasar-dasar perancangan, pengelolaan, yang meliputi kemampuan menemukenali peserta didik berkebutuhan khusus, memilih pendekatan, model, metode dan strategi pembelajaran, serta sistem evaluasi bagi peserta didik berkebutuhan khusus
CPMK-2 Mampu memanfaatkan IPTEKS yang relevan dalam lingkup pendidikan khusus
CPMK-3 Mampu mengenali anak kebutuhan khusus dengan menggunakan berbagai teknik dan strategi asesmen
CPMK-4 Mampu melaksanakan kurikulum (merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi untuk layanan pendidikan khusus jalur formal (dari jenjang PAUD hingga pendidikan menengah) dan jalur non formal yang dilandasi oleh prinsip dasar berpikir kritis, nilai-nilai humanitarian dan hak asasi manusia)
CPMK-5 Mampu berkomunikasi dan berbekerjasama dalam tim untuk memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran bagi anak kebutuhan khusus