CPL-5 Memiliki pengetahuan dasar matematika untuk memecahkan masalah matematika dan terapannya dalam pendidikan
CPL-6 Menguasai prinsip-prinsip pengetahuan matematika untuk mendukung kemampuan berpikir matematis dalam memecahan masalah matematis
CPL-7 Menguasai pengetahuan pedagogik dalam pengajaran dan evaluasi sesuai perkembangan kurikulum transformatif dan perkembangan teknologi berorientasi pendidikan matematika realistik dan edupreneur-leadership
CPMK
CPMK-1 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar berpikir dan bernalar dalam matematika serta memahami peran pentingnya dalam pembentukan argumen dan pembuktian.
CPMK-2 Mahasiswa mampu membedakan jenis-jenis penalaran deduktif, induktif, dan abduktif serta menerapkannya dalam menyusun argumen dan menyelesaikan permasalahan matematis.
CPMK-3 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan penalaran multiplikatif, proporsional, dan aditif dalam menyelesaikan permasalahan matematika dan menjelaskan peran masing-masing dalam berpikir matematis.
CPMK-4 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep penalaran analogi serta menerapkannya dalam menyusun argumen dan menyelesaikan masalah matematis secara kreatif dan logis.
CPMK-5 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan penalaran aljabar untuk memformulasikan, memanipulasi, dan menyelesaikan permasalahan matematis secara logis dan sistematis.
CPMK-6 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep penalaran statistika dan menerapkannya dalam menganalisis data serta menarik kesimpulan yang valid berdasarkan bukti numerik dalam konteks matematika dan kehidupan sehari-hari.
CPMK-7 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep penalaran adaptif dan menerapkannya secara fleksibel dalam menghadapi situasi matematis baru serta menyusun strategi pemecahan masalah yang kreatif dan kontekstual.
CPMK-8 Mahasiswa mampu menyusun dan mengevaluasi argumen matematis secara logis, serta mengkomunikasikan argumentasi secara runtut dan meyakinkan dalam konteks pemecahan masalah matematika.
CPMK-9 Mahasiswa mampu menjelaskan komponen-komponen berpikir matematis serta menerapkannya dalam menyelesaikan berbagai permasalahan matematis secara logis, sistematis, dan reflektif.
CPMK-10 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep bukti langsung dan bukti per kasus, serta menerapkannya secara tepat dalam membuktikan pernyataan matematis.
CPMK-11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan metode pembuktian kontraposisi dan pembuktian kontradiksi secara tepat dalam menyelesaikan dan memverifikasi pernyataan matematis.
CPMK-12 Mahasiswa mampu memahami prinsip dasar induksi matematika dan menerapkannya dalam membuktikan pernyataan matematis yang melibatkan pola atau generalisasi bilangan.
CPMK-13 Mahasiswa mampu memahami konsep contoh penyangkal dalam pembuktian matematis dan menerapkannya untuk menunjukkan ketidakbenaran suatu pernyataan matematis.
CPMK-14 Mahasiswa mampu memahami dan membedakan antara pembuktian konstruktif dan non-konstruktif, serta menerapkannya dalam membuktikan pernyataan matematis.