CPL-5 Mengembangkan penelitian bimbingan dan konseling berdasarkan kaidah dan etika ilmiah dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif.
CPL-6 Mengembangkan teori/konsepsi/gagasan baru substansi bimbingan dan konseling melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.
CPMK
CPMK-1 Menerapkan metode kualitatif dan kuantitatif dalam penelitian kasus trauma dalam bimbingan dan konseling (C3)
CPMK-2 Menganalisis studi kasus dalam bimbingan dan konseling traumatik untuk memahami dinamika psikologis yang terlibat (C4)
CPMK-3 Mengevaluasi efektivitas teknik intervensi dalam bimbingan dan konseling untuk kasus trauma berdasarkan kriteria ilmiah dan etika profesi (C5)
CPMK-4 Menciptakan model intervensi baru dalam bimbingan dan konseling yang spesifik untuk penanganan trauma (C6)
CPMK-5 Menerapkan teori dan konsepsi baru dalam praktek bimbingan dan konseling untuk kasus trauma (C3)
CPMK-6 Menganalisis efek intervensi bimbingan dan konseling pada korban trauma untuk mengidentifikasi pola-pola pemulihan (C4)
CPMK-7 Mengevaluasi dan mengkritisi teori-teori eksisting dalam bimbingan dan konseling traumatik berdasarkan hasil penelitian terkini (C5)
CPMK-8 Menciptakan kerangka kerja teoretis yang mengintegrasikan pendekatan multidisiplin dalam penanganan trauma (C6)
CPMK-9 Menerapkan pendekatan sistematis dalam mengembangkan dan menilai program bimbingan dan konseling untuk trauma (C3)
CPMK-10 Menganalisis dan mengintegrasikan berbagai sumber data untuk mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang trauma psikologis (C4)