CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
CPL-5 Mampu menguasai filsafat pendidikan, filsafat bahasa dan sastra, dan teori-teori mutakhir bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya
CPL-8 Mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru berbasis pengelolaan data dan informasi hasil penelitian dan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memerhatikan nilai humaniora, metodologi ilmiah, dan perkembangan dunia akademik
CPL-12 Mampu memecahkan permasalahan sains dan teknologi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra melalui pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner
CPMK
CPMK-1 Mahasiswa mampu menganalisis secara komparatif berbagai pendekatan linguistik (deskriptif, psikolinguistik, sosiolinguistik, antropolinguistik) dalam konteks pendidikan bahasa dan sastra secara kritis dan sistematis.
CPMK-2 Mahasiswa mampu merekonstruksi elemen-elemen kajian linguistik yang relevan menjadi landasan konseptual untuk pengembangan model pembelajaran bahasa dan sastra yang integratif dan orisinal.
CPMK-3 Mahasiswa mampu merancang dan mengembangkan model pembelajaran bahasa dan sastra berbasis hasil kajian linguistik yang inovatif dan kontekstual sesuai dengan kebutuhan pembelajaran masa kini.
CPMK-4 Mahasiswa mampu mengkaji dan mengintegrasikan teori-teori mutakhir dalam linguistik edukasional dengan filsafat pendidikan serta filsafat bahasa dan sastra untuk memahami dan mengembangkan praktik pembelajaran bahasa dan sastra yang berbasis pada pendekatan ilmiah yang kontekstual dan transformatif.