CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
CPL-19 Lulusan mampu mengimplementasikan teori bidang pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam mengelola organisasi secara efektif.
CPL-20 Lulusan mampu mengembangkan pemahaman yang terkait dengan perkembangan teknologi pembelajaran IPS dalam konteks global.
CPL-21 Lulusan mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan sosial yang dihadapi dengan baik.
CPL-22 Lulusan mampu mengaplikasikan teknologi informasi dalam pengelolaan ilmu sosial dengan tepat.
CPMK
CPMK-1 Menganalisis perkembangan teori dan pendekatan dalam kajian pendidikan sejarah secara kritis dalam konteks lokal, nasional, dan global.
CPMK-2 Mengidentifikasi isu-isu kontemporer dalam pendidikan sejarah, termasuk perdebatan historiografi, politik kurikulum, dan literasi sejarah.
CPMK-3 Mereview literatur ilmiah terbaru dalam bidang pendidikan sejarah secara sistematis untuk menemukan celah riset dan peluang kontribusi akademik.
CPMK-4 Mengintegrasikan perspektif interdisipliner (seperti sosiologi, antropologi, dan studi budaya) dalam perumusan isu-isu pendidikan sejarah.
CPMK-5 Mengembangkan proposal penelitian berbasis masalah aktual dalam pendidikan sejarah dengan pendekatan metodologis yang tepat.
CPMK-6 Menerapkan teori belajar dan pedagogi sejarah dalam pengembangan pembelajaran sejarah yang kontekstual dan relevan dengan kebutuhan zaman.
CPMK-7 Merumuskan permasalahan penelitian pendidikan sejarah secara tajam dan terfokus berdasarkan hasil kajian pustaka dan analisis empirik.
CPMK-8 Mengevaluasi kebijakan pendidikan sejarah di tingkat nasional dan lokal berdasarkan prinsip keadilan sosial dan multikulturalisme.
CPMK-9 Menganalisis narasi sejarah dalam buku teks, media, dan ruang publik serta dampaknya terhadap konstruksi identitas kebangsaan dan ingatan kolektif.
CPMK-10 Menunjukkan kemampuan komunikasi akademik yang baik dalam mempresentasikan gagasan dan temuan kajian sejarah pendidikan secara lisan dan tulisan.
CPMK-11 Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung riset dan publikasi di bidang pendidikan sejarah.
CPMK-12 Membandingkan pendekatan pengajaran sejarah di berbagai negara sebagai bahan refleksi penguatan kurikulum sejarah nasional.
CPMK-13 Mengonstruksi desain pembelajaran sejarah berbasis masalah dan multikulturalisme untuk meningkatkan pemikiran kritis dan empati siswa.
CPMK-14 Menunjukkan sikap ilmiah, reflektif, dan etis dalam proses kajian dan pengembangan pengetahuan di bidang pendidikan sejarah.