Deskripsi Mata Kuliah
Melalui pemanfaatan TIK, mengkaji referensi, menganalisis proposal dan hasil penelitian, dalam mata kuliah ini mahasiswa bertanggungjawab menguasai konsep, prinsip dan prosedur metodologi penelitian untuk mampu mengambil keputusan pengaplikasiaannya dalam memecahkan permasalahan pendidikan ABK, meliputi: hakikat penelitian, pendekatan, karakteristik, tujuan, jenis-jenis dan prosedur penelitian, kajian pustaka, desain penelitian, teknik pengumpulan dan analisis data, validitas dan reliabilitas, instrumen, serta mampu menyusun proposal dengan mengacu Buku Panduan Penulisan Skripsi S-1 .Unesa meliputi: menentukan/menemukan permasalahan, menyusun topik/judul, latar belakang, metode: pendekatan, jenis-desain, variabel, populasi dan sampel, kajian pustaka, kerangka pikir, hipotesis, pengumpulan dan analisis data, serta instrumen), serta mampu melaksanakan penelitian ABK.
CPMK
- Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai-nilai agama, kebangsaan, budaya nasional, serta menerapkan etika akademik dalam penyusunan, pelaksanaan, dan evaluasi penelitian pendidikan khusus dengan menunjukkan integritas, kejujuran ilmiah, dan kepedulian terhadap keberagaman peserta didik berkebutuhan khusus.
- Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian pendidikan khusus secara logis, kritis, sistematis, dan kreatif dengan menerapkan kaidah ilmiah, pendekatan metodologis yang tepat, serta mengacu pada permasalahan nyata di bidang Pendidikan Luar Biasa.
- Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengkaji konsep teoritis yang relevan dengan pendidikan khusus sebagai dasar dalam merumuskan masalah dan landasan teori penelitian di bidang Pendidikan Luar Biasa.