•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Filsafat Ilmu Teknologi Pendidikan

Program Studi S3 Teknologi Pendidikan UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini memperdalam pemahaman tentang pendekatan umum filsafat pendidikan, filsafat pendidikan dasar, dan konseptualisasi serta isu-isu yang lebih mendalam dan luas yang melibatkan ilmu, teknologi, dan masyarakat. Selain itu, mata kuliah ini dirancang untuk mengevaluasi secara kritis, sistimatis, mendasar, integral dan mendalam tentang ontologi,epistemologi, aksiologi, dan metodologi pendidikan, karakteristik dan hakikat Teknologi Pendidikan sebagai wahana untuk memperluas visi calon doktor sehingga dapat menjadi pemicu kemampuan berfikir reflektif dan berfikir kritis dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu teknologi pendidikan serta keterkaitannya dengan teknologi dan masyarakat. Pembelajaran dilaksanakan berbasis kasus yang relevan dengan pembahasan. Penilaian dengan penilaian partisipatif, penugasan, dan tes.

CPMK


Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Pengertian filsafat dan filsafat ilmu
    • Date  5 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Perbedaan ilmu dan filsafat dan menyimpulkan manfaat belajar filsafat
    • Date  12 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Dapat menguraikan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dapat menyimpulkan kedudukan filsafat
    • Date  19 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Dapat menyimpulkan berbagai cara yang ditempuh manusia dalam mencari kebenaran dan karakteristik filsafat dalam mencari kebenaran
    • Date  26 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Dapat menganalisis bagian-bagian filsafat dan menyimpulkan pengertian filsafat ilmu
    • Date  5 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Dapat menyimpulkan sumber pengetahuan menurut aliran rasionalme dan empirisme
    • Date  12 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    UTS
    • Date  19 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Dapat mendeskripsikan struktur ilmu (definisi, deskripsi, klasifikasi, prediksi dan intervensi)
    • Date  26 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Dapat mendeskripsikan struktur ilmu (definisi, deskripsi, klasifikasi, prediksi dan intervensi)
    • Date  2 April 2025

  • Pertemuan 10
    Dapat mendeskripsikan struktur ilmu (definisi, deskripsi, klasifikasi, prediksi dan intervensi)
    • Date  9 April 2025

  • Pertemuan 11
    Dapat menyimpulkan metode ilmiah
    • Date  16 April 2025

  • Pertemuan 12
    Dapat mendeskripsikan produk ilmiah, berupa: konsep, prinsip, dan teori
    • Date  23 April 2025

  • Pertemuan 13
    A. Dapat mendeskripsikan peran bahasa dalam proses berpikir ilmiah b. Dapat mendeskripsikan peran matematika dalam proses berpikir ilmiah. c. Dapat mendeskripsikan peran matematika dalam proses berpikir ilmiah.
    • Date  30 April 2025

  • Pertemuan 14
    A. Dapat mendeskripsikan peran bahasa dalam proses berpikir ilmiah b. Dapat mendeskripsikan peran matematika dalam proses berpikir ilmiah. c. Dapat mendeskripsikan peran matematika dalam proses berpikir ilmiah.
    • Date  7 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Dapat mendeskripsikan hubungan antara filsafat, ilmu, teknolofi, dan kebudayaan
    • Date  14 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  21 Mei 2025

Pustaka

Dosen

ANDI KRISTANTO
ANDI KRISTANTO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

MOCHAMAD NURSALIM
MOCHAMAD NURSALIM
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS3 Teknologi Pendidikan
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10