•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Philosophy of Science Educational Technology

Program Studi S3 Teknologi Pendidikan UNESA

 
Card image

Course Description

Mata kuliah ini memperdalam pemahaman tentang pendekatan umum filsafat pendidikan, filsafat teknologi pendidikan, dan konseptualisasi serta isu-isu yang lebih mendalam dan luas yang melibatkan ilmu, teknologi, dan masyarakat. Selain itu, mata kuliah ini dirancang untuk mengevaluasi dengan mendalam tentang ontologi, epistemologi, aksiologi, dan metodologi pendidikan, karakteristik dan hakikat teknologi pendidikan sebagai wahana untuk memperluas visi calon doktor sehingga dapat menjadi pemicu kemampuan berfikir reflektif dan berfikir kritis dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu teknologi pendidikan serta keterkaitannya dengan teknologi dan masyarakat. Pembelajaran dilaksanakan berbasis kasus yang relevan dengan pembahasan. Penilaian dengan penilaian partisipatif, penugasan, dan tes.

Program Objectives (PO)

  • Mengembangkan pengetahuan untuk menjawab tiga pertanyaan keilmuan (ontologi, epistemologi, aksiologi, dan metodologi) atas teknologi Pendidikan sehingga memperoleh pemahaman yang komprehensif.
  • Mengubah paradigma berpikir yang selama ini ada untuk membantu memecahkan secara mendalam (melalui pendekatan inter atau multidisipliner) setiap permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, khususnya permasalahan terkait teknologi pendidikan di Indonesia.
  • Mengembangkan nalar yang benar dan komprehensif serta memanfaatkan logika ontologi mengenai ilmu teknologi pendidikan dalam memperoleh pemahaman keilmuan (epistemologi) untuk kebijaksanaan atau kemaslahatan umat manusia (nilai aksiologi).

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Menganalisis ilmu pendidikan secara komprehensif (mendalam dan meluas), yang menjawab 3 pertanyaan keilmuan (ontologi, epistemologi, aksiologi).
    • Date  5 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Menganalisis dasar-dasar ilmu pengetahuan pendidikan dasar
    • Date  12 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Menganalisis dasar-dasar ilmu pengetahuan pendidikan dasar
    • Date  19 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Menganalisis ontology pendidikan dasar
    • Date  26 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Membuat kajian 4 prinsip dasar (filosofis, sosiologis-antropologis, psikologis, dan pedagogis) dari pendidikan dasar.
    • Date  5 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran pendidikan dasar (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme).
    • Date  12 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran pendidikan dasar (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme).
    • Date  19 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    UTSKemampuan Akhir: meliputi pertemuan 1-7
    • Date  26 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Dasar filsafat pendidikan di Indonesia.
    • Date  2 April 2025

  • Pertemuan 10
    Dasar filsafat pendidikan di Indonesia.
    • Date  9 April 2025

  • Pertemuan 11
    Dasar filsafat pendidikan di Indonesia.
    • Date  16 April 2025

  • Pertemuan 12
    Dasar filsafat pendidikan di Indonesia.
    • Date  23 April 2025

  • Pertemuan 13
    Membuat kajian pemikiran para tokoh pendidikan di Indonesia
    • Date  30 April 2025

  • Pertemuan 14
    Membuat kajian pemikiran para tokoh pendidikan di Indonesia
    • Date  7 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Menganalisis bukti keterkaitan antara pendidikan dasar, teknologi, dan masyarakat.
    • Date  14 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    • Date  21 Mei 2025

References

Lecturer

MOCHAMAD NURSALIM
MOCHAMAD NURSALIM
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

ANDI KRISTANTO
ANDI KRISTANTO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS3 Teknologi Pendidikan
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10