Course Description
Understanding, studying, deepening the counseling guidance course for children with special needs which includes: introduction, the essence of counseling guidance for children with special needs, problems of children with special needs and efforts to understand them, understanding children with special needs as individuals, approaches to counseling guidance for children with special needs, administration and organizing counseling for children with special needs. For the implementation of lectures, Project Based Learning is implemented in intervening in ABK cases.
Program Objectives (PO)
- Menguasai secara mendalam pemahaman, pengkajian, pendalaman tentang matakuliah bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus yang meliputi : pendahuluan, hakikat bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus, permasalahan anak berkebutuhan khusus dan upaya memahaminya, pemahaman anak berkebutuhan khusus sebagai inidividu, pendekatan bimibingan konseling bagi anak berkebutuhan khusus, pengadministrasian bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
- Mampu memberikan layanan kekhususan yang berkaitan dengan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus untuk menyelesaikan permasalahan ABK, sekaligus juga mengoptimalkan potensi ABK berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset yang berkaitan dengan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
- Memanfaatkan media dan teknologi asistif dalam layanan pendidikan khusus untuk anak berkebutuhan khusus berkaitan dengan bimbingan konseling, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus untuk menyelesaikan permasalahan ABK, sekaligus juga mengoptimalkan potensi ABK berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset yang berkaitan dengan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
- Mampu berpikir logis dalam pemecahan masalah di bidang bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus (ABK), serta merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dan layanan bagi anak berkebutuhan khusus. Mahir dalam mengoptimalkan potensi ABK dengan prinsip dan prosedur yang tepat, serta bekerja secara mandiri maupun dalam tim kolaboratif. Terampil dalam mengkomunikasikan ide dan pendapat secara lisan dan tertulis terkait dengan bimbingan konseling ABK.
- Menerapkan budaya inklusif dalam menjalankan tugas sebagai pendidik PDBK dan wirausaha berlandaskan agama, moral, dan etika