•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Learning for Children with Hearing Impairment

Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa UNESA

 
Card image

Course Description

The Deaf Children‘s Learning course is a course that provides understanding and knowledge, as well as experience and skills to students through studying concepts, strategies, methods, techniques and communication alternatives for deaf children. Characteristics of the development of deaf students and techniques for implementing learning for deaf children as well as the ability to plan, apply, evaluate and analyze the application of strategies, methods and learning techniques for deaf children and equip students to be able to make decisions and apply them in learning and find alternative solutions in solving problems the field of learning for deaf children both in special schools and inclusive schools. Lectures are carried out using a system of presentations, discussions, project assignments and reflection

Program Objectives (PO)

  • Menguasai konsep teoritis gaya belajar anak dengan disabilitas rungu, model pembelajaran untuk anak dengan disabilitas rungu, dan kurikulum akademik untuk anak dengan disabilitas rungu.
  • Terampil memberikan layananan akademik bagi anak dengan disabilitas rungu.
  • Terampil bekerja mandiri, bekerja sama di dalam tim kolaboratif, bertanggung jawab baik tugas individu maupun tim, serta mengkomunikasikan ide, pendapat, dan argumentasi secara lisan/tertulis dalam menyelesaikan kasus-kasus terkait dengan pembelajaran anak dengan disabilitas rungu.
  • Menjelaskan karakteristik anak tunarungu dari aspek medis, psikologis, dan perkembangan bahasa, kebutuhan belajar anak tunarungu berdasarkan tingkat ketunarunguan, usia, dan latar belakang sosial-budaya serta dampaknya terhadap proses pembelajaran.
  • Merancang program pembelajaran individual (PPI) dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik anak tunarungu, termasuk pemilihan strategi, media, dan evaluasi pembelajaran.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Saling kenal mengenal antara dosen dan mahasiswa, menyepakati tata tertib perkuliahan dan mencatatat topik inti selama satu semester.
    • Date  5 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Teori, konsep, prinsip, proses, dan metode pengajaran bahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) bagi disabilitas rungu.
    • Date  12 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Pengajaran tata bahasa dan alternatif komunikasi disabilitas rungu.
    • Date  19 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Merancang modul ajar serta program pembelajaran individual bagi disabilitas rungu.
    • Date  26 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Penggunaan metode pengajaran bahasa bagi disabilitas rungu dengan metode oral
    • Date  5 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Penggunaan metode pengajaran bahasa bagi disabilitas rungu metode isyarat SIBI dan BISINDO
    • Date  12 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Penggunaan metode pengajaran bahasa bagi disabilitas rungu dengan Metode Maternal Reflektif (MMR)
    • Date  19 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  26 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Penggunaan metode pengajaran bahasa bagi disabilitas rungu metode Audiovisual
    • Date  2 April 2025

  • Pertemuan 10
    Penggunaan metode pengajaran bahasa bagi disabilitas rungu metode Percakapan dari Hati ke Hati (Perdati)
    • Date  9 April 2025

  • Pertemuan 11
    Penggunaan metode pengajaran bahasa bagi disabilitas rungu metode Membaca Ideovisual
    • Date  16 April 2025

  • Pertemuan 12
    Penggunaan metode pengajaran bahasa bagi disabilitas rungu metode Komunikasi Total
    • Date  23 April 2025

  • Pertemuan 13
    Perencanaan pembelajaran (modul ajar/PPI) di lapangan yang sudah dibuat disesuaikan dengan metode pembelajaran
    • Date  30 April 2025

  • Pertemuan 14
    Perencanaan pembelajaran (modul ajar/PPI) di lapangan yang sudah dibuat disesuaikan dengan metode pembelajaran
    • Date  7 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Perencanaan pembelajaran (modul ajar/PPI) di lapangan yang sudah dibuat disesuaikan dengan metode pembelajaran
    • Date  14 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  21 Mei 2025

Lecturer

ERYANA FATIMASARI RETNO BUDIATI
ERYANA FATIMASARI RETNO BUDIATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

KHOFIDOTUR ROFIAH
KHOFIDOTUR ROFIAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Biasa
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10