•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Learning for Children with Hearing Impairment

Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa UNESA

 
Card image

Course Description

The Deaf Children‘s Learning course is a course that provides understanding and knowledge, as well as experience and skills to students through studying concepts, strategies, methods, techniques and communication alternatives for deaf children. Characteristics of the development of deaf students and techniques for implementing learning for deaf children as well as the ability to plan, apply, evaluate and analyze the application of strategies, methods and learning techniques for deaf children and equip students to be able to make decisions and apply them in learning and find alternative solutions in solving problems the field of learning for deaf children both in special schools and inclusive schools. Lectures are carried out using a system of presentations, discussions, project assignments and reflection

Program Objectives (PO)

  • Menguasai secara mendalam konsep dasar, prinsip-prinsip, dan teori-teori yang berkaitan dengan pembelajaran anak tunarungu serta mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pembelajaran anak tunarungu sesuai prosedur.
  • Merancang kurikulum, program layanan, dan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak tunarungu secara sistematis dan inovatif.
  • Terampil memberikan layanan akademik, simulasi pembelajaran, dan intervensi program pendidikan khusus sesuai kebutuhan individual anak tunarungu.
  • Memanfaatkan media pembelajaran dan teknologi asistif secara tepat guna mendukung proses belajar anak tunarungu.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Kontrak belajar, penyampaian topik inti selama satu semester kedepan, pengantar perkuliahan dasar tentang pembelajaran anak tunarungu.
    • Date  5 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Ruang lingkup, tujuan, dan manfaat pembelajaran anak tunarungu dalam pendidikan luar biasa sebagai dasar pemahaman awal mata kuliah.
    • Date  12 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Ruang lingkup, tujuan, dan manfaat pembelajaran anak tunarungu dalam pendidikan luar biasa sebagai dasar pemahaman awal mata kuliah.
    • Date  19 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Merancang modul ajar serta program pembelajaran individual (PPI) bagi anak tunarungu berdasarkan data hasil observasi lapangan dan wawancara.
    • Date  26 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Merancang modul ajar dan PPI bagi anak tunarungu berdasarkan hasil observasi lapangan dengan menerapkan metode oral.
    • Date  5 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Merancang modul ajar dan PPI bagi anak tunarungu berdasarkan hasil observasi lapangan dengan menerapkan metode MMR.
    • Date  12 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Merancang modul ajar dan PPI bagi anak tunarungu berdasarkan hasil observasi lapangan dengan menerapkan metode komunikasi total.
    • Date  19 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  26 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Merancang modul ajar dan PPI bagi anak tunarungu berdasarkan hasil observasi lapangan dengan menerapkan metode isyarat (SIBI/BISINDO)
    • Date  2 April 2025

  • Pertemuan 10
    Merancang modul ajar dan PPI bagi anak tunarungu berdasarkan hasil observasi lapangan dengan menerapkan metode AVT.
    • Date  9 April 2025

  • Pertemuan 11
    Merancang modul ajar dan PPI bagi anak tunarungu berdasarkan hasil observasi lapangan dengan menerapkan metode AAC.
    • Date  16 April 2025

  • Pertemuan 12
    Modul ajar dan program pembelajaran individual (PPI) bagi anak tunarungu di sekolah khusus maupun sekolah inklusi, serta melakukan refleksi terhadap tantangan dan solusi implementasi.
    • Date  23 April 2025

  • Pertemuan 13
    Modul ajar dan program pembelajaran individual (PPI) bagi anak tunarungu di sekolah khusus maupun sekolah inklusi, serta melakukan refleksi terhadap tantangan dan solusi implementasi.
    • Date  30 April 2025

  • Pertemuan 14
    Mempresentasikan hasil implementasi modul ajar serta program pembelajaran individual (PPI) bagi anak tunarungu di sekolah khusus maupun sekolah inklusi, serta melakukan refleksi kritis terhadap tantangan dan solusi pelaksanaannya.
    • Date  7 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Mempresentasikan hasil implementasi modul ajar serta program pembelajaran individual (PPI) bagi anak tunarungu di sekolah khusus maupun sekolah inklusi, serta melakukan refleksi kritis terhadap tantangan dan solusi pelaksanaannya.
    • Date  14 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  21 Mei 2025

Lecturer

ERYANA FATIMASARI RETNO BUDIATI
ERYANA FATIMASARI RETNO BUDIATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

KHOFIDOTUR ROFIAH
KHOFIDOTUR ROFIAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Biasa
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10