Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Pembelajaran Anak Tunarungu merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman dan keterampilan kepada mahasiswa melalui pengkajian konsep, strategi, metode, teknik dan alternatif komunikasi anak tunarungu. Karakteristik perkembangan peserta didik tunarungu serta teknik penerapan pembelajaran bagi anak tunarungu serta kemampuan untuk merencanakan, mengaplikasikan, mengevaluasi, dan menganalisis penerapan strategi, metode, teknik pembelajaran anak tunarungu serta membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dan mengaplikasikan dalam pembelajaran dan menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan bidang pembelajaran anak tunarungu baik di sekolah khusus maupun sekolah inklusif. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem presentasi, diskusi, tugas proyek, dan refleksi
CPMK
- Menguasai konsep teoritis gaya belajar anak dengan disabilitas rungu, model pembelajaran untuk anak dengan disabilitas rungu, dan kurikulum akademik untuk anak dengan disabilitas rungu.
- Terampil memberikan layananan akademik bagi anak dengan disabilitas rungu.
- Terampil bekerja mandiri, bekerja sama di dalam tim kolaboratif, bertanggung jawab baik tugas individu maupun tim, serta mengkomunikasikan ide, pendapat, dan argumentasi secara lisan/tertulis dalam menyelesaikan kasus-kasus terkait dengan pembelajaran anak dengan disabilitas rungu.
- Menjelaskan karakteristik anak tunarungu dari aspek medis, psikologis, dan perkembangan bahasa, kebutuhan belajar anak tunarungu berdasarkan tingkat ketunarunguan, usia, dan latar belakang sosial-budaya serta dampaknya terhadap proses pembelajaran.
- Merancang program pembelajaran individual (PPI) dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik anak tunarungu, termasuk pemilihan strategi, media, dan evaluasi pembelajaran.