•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Pendidikan Inklusi

Program Studi S1 Manajemen Pendidikan UNESA

 
Card image

Course Description

This course will examine in depth: The basic concept of inclusive education; Philosophy, basic principles and regulations; GDPK diversity (characteristics) (Law No. 8 Physical, mental, intellectual disabilities); Policy for implementing inclusive education in Indonesia (regulations, guidelines); concept and implementation of Inclusive Education in Indonesia (which includes the Student Admission System, Identification and Assessment, Curriculum Adaptation, Preparation of Learning Tools, Implementation of Learning, Assessment); Management of Inclusive Education (8 Basic Principles of Education); Inclusive Education Implementation Support System; Accessibility and Assistive Technology. Discussion of the Implementation of Inclusive Education intended for all students at all levels, types and units of education through the GDPK social paradigm approach by incorporating the noble values ​​of Indonesian educational culture

Program Objectives (PO)

  • Mampu memanfaatkan TIK untuk memperoleh informasi/referensi terkait pendidikan inklusif dan mengomunikasikannya
  • Menguasai secara mendalam konsep teoritis filosofi, konsep, prinsip, landasan, dan jenis layanan pendidikan inklusif serta nilai-nilai luhur budaya pendidikan Indonesia;
  • Mampu Memahami Praktek penyelenggaraan pendidikan inklusi.
  • Memiliki kepekaan terhadap pentingnya perubahan sikap dan pribadi untuk menyosialisasikan kolaborasi dalam mendukung suksesnya pendidikan inklusif dan mewujudkan tanggung jawab sebagai guru yang memahami implementasi pendidikan inklusif.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep Dasar Pendidikan Inklusif
    • Date  26 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Filosofi, Prinsip dasar dan Regulasi
    • Date  2 September 2025

  • Pertemuan 3
    Pinsip dan landasan pendidikan inklusif
    • Date  9 September 2025

  • Pertemuan 4
    Peserta didik berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah Inklusif.
    • Date  16 September 2025

  • Pertemuan 5
    Identifikasi dan asesmen peserta didik berkebutuhan khusus
    • Date  23 September 2025

  • Pertemuan 6
    Konsep identifikasi Identifikasi dan Asesmen ABK di Sekolah Inklusif.
    • Date  7 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Kurikulum Sekolah Inklusi
    • Date  14 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    UTS.
    • Date  21 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Pengelolaan pembelajaran di sekolah inklusi.
    • Date  28 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Sarana dan prasarana pembelajaran di kelas Inklusif.
    • Date  4 November 2025

  • Pertemuan 11
    Konsep dan implementasi pendidikan inklusi di Indonesia (Pelaksanaan Pembelajaran)
    • Date  11 November 2025

  • Pertemuan 12
    Konsep dan implementasi pendidikan inklusif di Indonesia (penilaian)
    • Date  18 November 2025

  • Pertemuan 13
    Tata laksana Pendidikan Inklusif (8 Prinsip Dasar Pendidikan)
    • Date  25 November 2025

  • Pertemuan 14
    Sistem dukungan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif
    • Date  2 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Aksesibilitas dan Asistif Technology
    • Date  9 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  16 Desember 2025

Lecturer

DEVINA RAHMADIANI KAMARUDDIN NUR
DEVINA RAHMADIANI KAMARUDDIN NUR
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

ERYANA FATIMASARI RETNO BUDIATI
ERYANA FATIMASARI RETNO BUDIATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Manajemen Pendidikan
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10