Course Description
Mata kuliah Pengelolaan Taman Kanak-Kanak dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep dasar manajemen pendirian lembaga TK, manajemen peserta didik, manajemen input kurikulum, staf, pembiayaan, sarana prasarana, manajemen pembelajaran, manajemen hasil, keluaran dan lulusan, manajemen pengawasan dan pemasaran. Mata kuliah ini menggunakan model case study untuk memecahkan permasalahan pengelolaan lembaga TK. Metode pembelajaran yang digunakan adalah menggunakan ceramah, case study, PBL dan group discussion. Mata kuliah ini dirancang secara cermat untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam dan komprehensif tentang seluruh aspek manajemen yang esensial dalam pendirian dan operasionalisasi sebuah lembaga Taman Kanak-Kanak (TK) yang efektif dan berkualitas, tidak hanya menyentuh permukaan, melainkan menggali inti dari setiap komponen manajemen TK. Untuk memastikan pemahaman yang mendalam dan kemampuan aplikatif, mata kuliah ini menggunakan model studi kasus (case study) sebagai tulang punggung pembelajaran. Melalui studi kasus, mahasiswa akan dihadapkan pada berbagai permasalahan riil dan kompleks yang sering dihadapi dalam pengelolaan lembaga TK. Mereka akan diajak menganalisis situasi, mengidentifikasi akar masalah, merumuskan berbagai alternatif solusi, dan pada akhirnya, mengambil keputusan yang paling tepat. Pendekatan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, analitis, dan pemecahan masalah mahasiswa.
Program Objectives (PO)
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan prinsip dasar manajemen pendidikan anak usia dini serta menganalisis peran dan tanggung jawab manajer atau kepala sekolah TK.
- Mahasiswa mampu menguraikan manajemen pendirian lembaga TK
- Mahasiswa mampu menjabarkan pengelolaan peserta didik di TK
- Mahasiswa mampu menguraikan input kurikulum di TK
- Mahasiswa mampu mengelola sumber daya manusia di TK, termasuk melakukan rekrutmen, pelatihan, dan pengembangan profesional bagi tenaga pendidik.
- Mahasiswa mampu merencanakan dan mengelola anggaran TK secara efektif dan transparan.
- Mahasiswa mampu mengoptimalkan penggunaan fasilitas dan sumber daya lainnya di TK untuk mendukung kegiatan pembelajaran.
- Mahasiswa mampu melaksanakan teknik-teknik supervisi untuk memastikan kualitas pembelajaran di TK.
- Mahasiswa mampu membina hubungan yang baik dengan orang tua dan masyarakat sekitar TK, serta mengembangkan program kemitraan dan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung kegiatan TK.
- Mahasiswa mampu menyusun strategi pemasaran TK